Tugas Anak Kepada Orang Tua Baik Yang Masih Hidup Atau Sudah Wafat

Sedang Trending 11 bulan yang lalu 35
Post ADS 1

  Salah satu tugas nan wajib dipenuhi oleh seorang anak adalah berkhidmat kepada orang tua, lantaran bagaimanapun seorang muslim nan baik tidak...

Salah satu tugas nan wajib dipenuhi oleh seorang anak adalah berkhidmat kepada orang tua, karena bagaimanapun seorang muslim nan baik tidak bakal membiarkan orang tuanya hidup dalam kesulitan. Hal seperti ini bertindak baik untuk orang tua nan masih hidup maupun nan sudah meninggal.

Karena sampai kapanpun tidak ada nan bisa memutus tali antara anak dan orang tuanya. Jika para orang tua sudah menunjukan kesungguhan dengan sukses mendidik dan merawat kita sampai kita dewasa. Maka perihal apa nan bisa kita lakukan untuk menunjukan hormat kita kepada orang tua.

Jika kita hendak menunjukan hormat kita kepada orang tua nan tetap hidup maka kita bisa melakukan perihal – perihal berikut ini :

1.     Selalu menjaga tutur kata dengan orang tua

Dalam kondisi dan keadaan terdesak seperti apapun kita hendaknya selalu menjaga tutur kata kita terhadap orang tua jangan sampai keluar kata – kata yang tidak mengenakan hati dan berujung pada penyesalan, perihal ini juga dijelaskan dalam Alquran surat Al Isra ayat 23.

2.     Tidak bersikap kasar

Bagaimanapun kita tidak diperkenankan untuk melakukan kekerasan terhadap orang tua kita, lantaran biar bagaimanapun orang tualah nan bisa membikin kita sampai sejauh ini.

3.     Selalu menghormati dan bersikap baik

Sudah sepatutnya seorang anak bersikap baik dan juga menghormati orang tuanya. Hal ini juga sudah digambarkan jelas dalam Alquran surat An Nisa ayat 36 nan memerintahkan kita untuk selalu bersikap baik pada orang tua.

Lantas gimana jika orang tua kita sudah meninggal ? Apakah tetap ada cara untuk menunjukan hormat kita kepada mereka ? Tentu saja Anda bisa mengirimkan doa untuk kedua orang tua nan sudah meninggal setiap selesai shalat alias kapan saja ketika Anda ingat kepada orang tua. Berikut referensi angan nan bisa dipanjatkan untuk kedua orang tua nan telah wafat :

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya : “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu saya kecil.”

Atau anda juga bisa memanjatkan angan berikut ini kepada orang tua nan telah wafat :

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : “ wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air nan bening dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih nan bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah nan lebih baik daripada nan ditinggalkannya, dan family yang lebih baik, dari nan ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Bagaimanapun keadaan orang tua Anda saat ini jangan lupa untuk selalu menunjukan hormat anda sebagai seorang anak. Jangan sampai kita menjadi anak nan dibenci Allah hanya karena kita tidak memuliakan orang tua.