Strategi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Yang Efektif

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 22
Post ADS 1

Strategi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Yang Efektif

Strategi Komunikasi dan Strategi Pemasaran Yang Efektif - Dalam bisnis, pemasaran adalah menjadi ujung tombak untuk mencapai suatu keberhasilan. Sebab  tanpa pemasaran yang bagus, bisnis sulit untuk berkembang, baik sebagus apa pun produknya, namun bila tidak dibarengi dengan kemampuan memasarkan secara efektif, bisnis hanya akan jalan di tempat.

Oleh sebab itu diperlukan strategi pemasaran bisnis dengan menggunakan langkah-langkah yang kreatif guna mencapai target yang diinginkan, dalam rangka mewujudkan kepuasan bagi pelanggan. Dalam segmen apapun pasti ada yang namanya persaingan, untuk itu agar mencapai strategi pemasaran yang efektif diperlukan strategi pemasaran yang jitu untuk menerobos pesaing-pesaing yang lain.

Di dalam mencapai strategi pemasaran yang efektif maka banyak media sarana yang guna mencapai tujuan yaitu dapat melalui :

1. Melalui media seperti televisi, majalah, radio, media cetak, dll
2. Melalui internet email, blog atau website
3. Melalui flyer brosur
4. Melalui poster yang dipasang di tempat pusat keramaian
5. Melalui Label/Hang tag

Dan banyak lagi media sarana yang lain yang dapat digunakan untuk mencapai strategi pemasaran yang efektif.

Nah, sekarang, bagaimana caranya mengomunikasikan pesan dengan efektif agar persepsi yang ingin anda bangun dapat dengan cepat terbentuk di benak calon pelanggan anda? Kira-kira bahasa seperti apa yang membuat pesan anda mudah dipahami?.....

Ada enam hal yang harus diperhatikan dalam mengomunikasikan pesan kepada calon pelanggan agar persepsi mereka dapat cepat terbentuk :

1.  Buat pesan anda sesederhana mungkin

Tujuan anda mengkomunikasikan pesan kepada pelanggan adalah agar mereka dapat dengan cepat memahami informasi yang ingin anda sampaikan kepada mereka.

2.  Fokuskan pada gaya hidup mereka

Dengan menawarkan produk anda kepada para pelanggan, tentu yang pertama kali    dipikirkan oleh para pelanggan adalah apa manfaat produk itu bagi mereka? Berikan manfaat yang nyata dan masuk akal.

3. Tekankan pada nilai yang ditawarkan

Maksudnya adalah jangan terlalu membombardir pelanggan anda dengan informasi-informasi yang lebih bersifat teknis. Secukupnya saja. Mungkin porsinya sekitar 15%. Selebihnya tekankan nilai yang anda tawarkan kepada mereka.

4.  Ceritakan pengalaman orang lain

Ceritakan pengalaman para pelanggan anda yang telah menggunakan serta merasakan manfaat dari produk yang anda tawarkan. Tunjukkan kepada mereka orang-orang yang telah ataupun sedang menggunakan produk anda. Dalam banyak hal, cerita jauh lebih efektif untuk membentuk persepsi pelanggan.

5.  Gunakan kalimat yang menyentuh emosi

Anda pernah mengenal yang namanya Copywriting? Secara singkat, copywriting bisa diartikan sebagai kegiatan menulis yang bertujuan untuk memasarkan dan mengiklankan produk, orang, pendapat, ide dan lain sebagainya dengan menggunakan kata-kata serta ide yang persuasif. Di sini kemampuan copywriting yang baik dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah komunikasi yang memikat dan persuasif.

6.  Terus lakukan komunikasi

Galilah terus ide-ide baru dari mereka. Tanyakan pendapat mereka tentang produk saingan anda misalnya. Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam pengembangan produk lainnya. Intinya anda harus terus melakukan komunikasi secara berkesinambungan dengan pelanggan anda agar dapat tetap mengetahui keinginan mereka.

Selain mengomunikasikan pesan secara efektif, diperlukan juga langkah kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai target dan mencapai kepuasan konsumen. Berikut beberapa langkah dalam menciptakan strategi pemasaran:

1. Promosi
2. Penelitian atau Survey
3. Segmentasi Pasar
4. Word of Mouth
5. Teknologi

Setelah strategi komunikasi pemasaran di atas sudah dilakukan, maka anda dapat melihat hasilnya pada bisnis anda. Selamat berbisnis (bisnisan.id).