Strategi Iklan Radio Agar Efektif dan Menjual

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 21
Post ADS 1

Strategi Iklan Radio Agar Efektif dan Menjual

Strategi Iklan Radio Agar Efektif dan Menjual - Iklan radio sering disebut sebagai anak tiri di industri, walaupun sudah banyak yang beralih ke radio digital. Kebanyakan kreatif, dan lembaga secara umum, akan bekerja pada sesuatu yang glamor, seperti televisi, outdoor, gerilya atau print.

Bila radio dilakukan dengan benar adalah media iklan yang luar biasa yang benar-benar menangkap imajinasi, membangun merek dan mengarah ke penjualan. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mencapai kesuksesan radio.

1. Tahu Produk atau Jasa Inside-Out

Ini berlaku untuk media apa pun, tetapi terutama berlaku untuk radio. Anda tidak memiliki visual untuk membantu Anda melakukan penjualan, seperti di TV, sehingga Anda perlu tahu semua yang Anda dapat tentang subjek Anda. Apa yang dilakukannya? Apa seluk beluk dari produk atau jasa? Apa satu hal yang menonjol? Bila Anda memiliki pemahaman yang lengkap dari itu, mulailah berpikir.

2. Apakah Idenya?

Fokus adalah kunci yang baik untuk radio. Ini bukan waktu atau tempat untuk memulai melemparkan lima atau enam ide yang berbeda pada pendengar dengan harapan bahwa mereka akan menangkap semua ide. Sebagian besar, orang mendengarkan radio ketika mereka sedang mengemudi, sehingga perhatian mereka sudah didedikasikan untuk jalan. Menangkap apa yang tersisa tidak akan mudah, sehingga fokus pada usaha Anda pada satu gagasan besar, berani yang akan membuat mereka mendengarkan dan mengingat pesan Anda.

3. Gunakan Efek Khusus dalam Anggaran terbatas Anda

Tunggu, itu bisa saja tidak benar kan? Radio itu selalu memiliki anggaran produksi. Yah, tetapi Anda akan kagum pada apa efek Anda dapat menyulap dalam pikiran khalayak sasaran dengan menekan beberapa tombol. Anda dapat melukis gambar terbesar yang dibayangkan. Jika anda ingin segerombolan cyborg merayap melintasi gurun dari pasca-apokaliptik Amerika, pergi ke depan. Pendengar melakukan kerja keras dan menciptakan adegan, Anda hanya perlu mengarahkan mereka ke arah yang benar.

4. Jangan merasa Wajib Untuk Tongkat Untuk Ide kampanye Kaku

Apakah saya memberitahukan untuk melupakan ide dan hanya menulis sesuatu? Tidak. Tidak sepenuhnya. Tetapi di radio, Anda memiliki banyak cacat yang membuatnya sulit untuk mengikuti kampanye yang telah Anda buat untuk cetak, brosur, web, outdoor, dan TV. Anda tidak memiliki isyarat visual, terutama di hari ini dan lelucon visual.

Jadi, mengambil beberapa kebebasan dengan kampanye Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk keluar dari struktur dan membuat spot radio yang bekerja. Ya, itu harus  mengikat, tetapi tidak membuat anda mencari cara untuk mengekspresikan melalui suara yang hanya benar-benar dikomunikasikan menggunakan visual.

5. Humor Benar-Benar Bekerja. Jangan menggunakan Sirene Polisi

Radio adalah media yang sempurna untuk komedi, yang mengapa begitu banyak komedian di Inggris bisa mulai dari radio. Komedi juga merupakan cara untuk membuat sesuatu yang mudah diingat. Jadi, jika Anda dapat menggunakan humor (mungkin bukan ide yang baik untuk rumah pemakaman atau investasi bankir) maka Anda harus menggunakannya.

Di sisi lain, hindari efek suara yang meniru pemadam kebakaran, polisi atau apa pun yang membuat pendengar radio menjadi sangat bingung. Orang-orang di jalan tidak perlu jenis gangguan, sehingga melakukannya dengan nikmat dan menghindari efek.

6. Hindari Iklan itu butuh Jargon hukum berlebihan

Jika Anda memiliki produk atau jasa yang memerlukan solilokui kecil dari seseorang pengacara, Anda harus berpikir tentang iklan di media yang berbeda. Dan jika Anda telah membuat sebuah ide yang membawa isu-isu hukum, memikirkan itu. itu merupakan omong kosong di akhir dapat membatalkan semua kerja keras di tempat awal, dan karena itu sangat sulit dipahami, banyak orang berpikir Anda menyembunyikan sesuatu. Dan itu gilirannya berarti Anda memiliki masalah kepercayaan.

7. Jangan ulangi Nomor Telefon Berulang

Telfon 021-123-4567, sekali lagi 021-123-4567, di ulangi kembali 021-123-4567, terakhir 021-123-4567

Anda mendapatkan gambaran. Tidak ada gunanya dalam mengulang seperti ini. Kebanyakan klien berpikir bahwa jika Anda mengulangi nomor telfon Anda, Anda ingin meningkatkan penjualan Anda. Nah, bertanya kepada diri Anda. Jika seseorang yang Anda tidak suka mendatangi Anda dan memberikan Anda nomor telepon berulang kali , akankah Anda menelpon? Di sisi lain, jika seseorang lucu, menarik, cantik atau kombinasi dari semuanya, dan mereka memberikan nomor telepon hanya sekali, akankah Anda telepon? Tentu saja.

Menarik perhatian mereka, membuat mereka ingin mengetahui lebih banyak, dan jika Anda telah membeli space iklan yang cukup, maka audiens Anda akan mencatat nomor dengan mendengar iklan selanjutnya. Tapi jujur saja, di hari ini dan jaman sekarang, pendengar akan mencari tahu melalui internet ketika mereka bekerja atau pulang kerja. (bisnisan.id)