Smartphone Xiaomi 12S Ini Bisa Dipasangkan Lensa Leica M

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 24
Post ADS 1

Foto: Twitter/@aggasaurus

Teknologi.id - Xiaomi kembali melakukan inovasi terbaru mereka melalui smartphone terbaru Xiaomi 12S Ultra yang memiliki sensor kamera canggih dan juga bisa dipasangkan lensa Leica M sekaligus.

Smartphone Xiaomi 12S Ultra ini memiliki sensor berukuran 1-inch dan juga didukung teknologi kamera dari brand ternama Leica. Dikabarkan Xiaomi juga tengah merencanakan perilisan Xiaomi 12S Ultra dalam varian lain yang lebih gahar, yaitu Xiaomi 12S Ultra Concept Edition.

Berbeda dengan Xiaomi 12S Ultra biasa, versi Concept Edition memiliki kamera 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX989 berukuran 1-inch. 

Uniknya, versi ini bisa dipasangkan lensa tambahan yaitu Leica M sehingga membuat smartphone yang awalnya sebuah ponsel biasa, beralih menjadi alat fotografi profesional layaknya sebuah kamera DSLR. 

Dalam situs jejaring berbagi video asal China bernama Weibo, terdapat sebuah teaser yang menampilkan versi Concept Edition ini. 

Secara tampilan fisik, Concept Edition memiliki wujud kamera belakang yang persis seperti versi regulernya yaitu berbentuk lingkaran. Hanya saja, pada bagian tengah kamera seri Concept Edition dapat dipasangkan kamera 50 MP tambahan. 

Kemudian kamera ultrawaide 48 MP yang tadinya berada di tengah akan mengalami perpindahan tempat ke samping dan akan menggantikan kamera telephoto 48 MP. 

Baca juga: Xiaomi 12T Pro Dirilis, Usung Kamera 200 MP

Seluruh bagian modul kamera belakang Xiaomi 12S Ultra Concept Edition ini telah dilapisi sapphire glass sehingga tahan dari adanya goresan maupun partikel debu. Selain itu, build quality smartphone ini juga telah diperkuat agar mampu menopang beban berat lensa yang nantinya akan dipasangkan ke kamera belakang.

Lalu, bagaimana cara memasang lensa Leica M ke Xiaomi 12S Ultra Concept Edition?

Berdasarkan video teaser, pengguna harus melepas ring pelindung pada bagian sekeliling kamera belakang terlebih dahulu. Kemudian, pengguna bisa memasang lensa Leica M berukuran penuh ke kamera belakang smartphone dengan bantuan adapter. 

Penasaran dengan wujud aslinya?

Agatha Thang selaku Head of Product PR Xiaomi International melalui akun twitter pribadinya @aggasaurus membagikan sejumlah foto penampakan Xiaomi 12S Ultra Concept Edition ketika sudah dipasangkan lensa Leica M.

Phone📱? Camera📷? BOTH!
What would you classify this as? #Xiaomi12SUltraConcept pic.twitter.com/uzJVzifou4

— Agatha Tang (@aggasaurus) November 2, 2022

"Ponsel? Kamera? Keduanya! Apa yang akan kamu klasifikasikan (ponsel) ini?", cuit Agatha Thang lewat akun @aggsaurus di Twitter pada hari Rabu (2/11).

Cuitan Agatha tersebut kini memperoleh 349 kali retweet dan 1900 lebih likes ketika artikel ini tayang.

Dan dilansir dari laman Detik (3/11), sangat disayangkan bahwa Xiaomi 12S Ultra Concept Edition tidak diperdagangkan secara publik, tetapi hanya akan dibagikan ke sejumlah influencer yang beruntung saja dengan total 10 unit untuk seri ponsel tersebut.