Semangat Kerja Karyawan Sebagai Salah Satu Kunci Kesuksesan Perusahaan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 23
Post ADS 1

Semangat Kerja Karyawan Sebagai Salah Satu Kunci Kesuksesan Perusahaan

Kunci kesuksesan Perusahaan didasari pada semangat kerja para karyawannya. Semangat Kerja karyawan dapat menunjang pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan, karena semangat kerja dapat mendorong karyawan untuk bekerja lebih giat dan lebih baik. Seseorang yang memiliki semangat kerja tinggi mempunyai alasan tersendiri mengapa ia bekerja keras.

Semangat kerja adalah hal dasar yang mengambil peran penting bagi kesuksesan diri dan juga terhadap tujuan bersama, mengapa ? Sebab semangat kerja membuat seseorang memiliki kegairahan dalam bekerja keras, produktivitas karyawan pun ikut terdongkrak.

Tidak hanya itu, semangat  kerja mampu untuk menimbulkan kualitas bertahan pada diri seseorang pada saat menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan dalam melawan frustrasi, serta semangat kerja akan mendorong seseorang mampu bekerja secara team atau berkelompok.

Aspek Semangat Kerja Karyawan

Secara umum ada empat aspek yang menunjukkan seseorang mempunyai semangat kerja yang tinggi yaitu :

1.      Kegairahan dalam bekerja

Kegairahan dalam bekerja biasanya timbul karena kecintaan atau minat terhadap pekerjaan yang seseorang itu lakukan. Seseorang yang memiliki kegairahan dalam bekerja berarti juga memiliki motivasi dan dorongan bekerja.

Apa yang memunculkan kegairahan dalam bekerja ? Motivasi atau Kegairahan bekerja tersebut muncul bila seseorang memiliki keinginan atau minat dalam pekerjaan yang dilakukannya. Kegairahan itu memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap semangat kerjanya.

Dengan naiknya kegairahan kerja dan semangat kerja maka suatu perusahaan akan mendapatkan manfaat  yang cukup besar, antara lain : Pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, Absensi Alfa pegawai berkurang, Kerugian perusahaan dan kerusakan asset perusahaan bisa dikurangi serta naiknya produktivitas perusahaan dengan demikian kesuksesan perusahaan pun dapat segera dicapai secara bersama-sama. 

Kegairahan bekerja pada seorang pegawai akan membuat ia mampu bekerja secara organisasi atau team, kegairahan dalam bekerja tersebut akan memunculkan di dalam dirinya suatu minat dan kecintaan terhadap pekerjaan yang ia sedang lakukan, minat dan kecintaan itulah yang membuat seorang pegawai tidak mendahulukan dan tidak mementingkan keuntungan tentang apa yang akan ia peroleh olehnya secara pribadi dengan sikap yang demikian seseorang akan mampu untuk bekerja secara team atau berorganisasi.

2.      Kekuatan untuk melawan frustrasi

Seorang yang bersemangat akan mendorong ia untuk terus berjuang untuk mendapatkan tujuan yang diinginkannya, meskipun ia tengah mengalami kegagalan namun semangat yang ada dalam dirinya itu yang akan terus memunculkan harapan terhadap segala sesuatu yang ia kehendaki untuk diperoleh, semangat itu akan membuat seseorang tidak menjadi pesimis, lemah dan tawar hati apabila menemukan kesulitan dan halangan dalam pekerjaannya justru semangat itu mendatangkan kekuatan dalam dirinya untuk melawan frustrasi.

3.      Kualitas untuk bertahan

Seorang yang memiliki semangat kerja akan membuat ia mampu untuk menangung tekanan bahkan kerugian yang dialaminya. Semangat itu  akan membuat seorang dapat bertahan dan menanggung penderitaannya. jika seseorang yang mempunyai semangat kerja yang tinggi maka ia tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesukaran-kesukaran di dalam pekerjaannya. 

Semangat kerja itu akan menimbulkan ketekunan dan keyakinan /kepercayaan penuh dalam dirinya terhadap yang hasil-hasil yang baik, yang nantinya akan ia peroleh dalam pekerjaan yang dikerjakannya, itulah sebabnya kita akan dapat menilai bahwa kesungguhan bekerja akan ada pada seorang yang memiliki semangat dalam hidupnya, seorang yang bersemangat akan tahu untuk bekerja keras, fokus dan bersungguh-sungguh.

4.      Semangat bekerja kelompok / team

Semangat dalam diri seseorang akan mendesak nya untuk bekerja cerdas dan bekerja keras. Seorang pekerja cerdas pasti menyadari bahwa untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin maka ia tidak dapat bekerja keras sendirian, ia membutuhkan suatu team untuk menanggung beban dan mengerjakan pekerjaan bersama-sama.

Adanya semangat kerja akan membuat para karyawan akan saling berkerja sama, tidak saling menjatuhkan malah justru  satu dengan yang lain akan saling menunjukkan kepedulian untuk tolong menolong dalam menyelesaikan persoalan dan masalah bersama. Jadi semangat kerja akan akan mendorong seseorang untuk menunjukkan adanya kesediaan untuk bekerja sama dengan orang lain agar dapat mencapai tujuan bersama.
 
Jika anda mengetahui tentang pentingnya suatu semangat itu!, maka berusahalah untuk terus mengobarkan semangat baik di
dalam diri anda, dalam kelompok, maupun dalam pengikut/pegawai anda, sebab itu adalah salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan. Semangat kerja itu akan menghantarkan kita bersama pada tujuan yang di harapkan. (bisnisan.id)