Segmentasi Pasar dalam Komunikasi Pemasaran

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 20
Post ADS 1

Segmentasi Pasar dalam Komunikasi Pemasaran

Segmentasi Pasar dalam Komunikasi Pemasaran - Pasar bisa dibagi-bagi menjadi segmen-segmen pasar, niches (suatu segmen/ kelompok pasar yang sangat kecil/spesifik) dan pada akhirnya individu (hanya melibatkan satu pihak). Segmen pasar adalah suatu kelompok konsumen yang bisa dikenali di suatu pasar, seperti pembeli mobil yang menginginkan alat transportasi standar saja, pembeli mobil yang mencari mobil dengan performa tinggi, atau pembeli mobil yang membutuhkan mobil yang aman dikendarai.

Segmen pasar juga bisa dibagi berdasarkan faktor demografis, misalnya segmen wanita dan pria. Segmen anak-anak, remaja, dan dewasa. Segmen keluarga baru dan keluarga yang sudah matang.

Segmen niche adalah suatu kelompok yang sudah dipersempit, yang mempunyai kebutuhan yang sangat spesifik. Semakin dalam para pemasar membagi suatu pasar berdasarkan beberapa variabel dan karakteristik yang ada, segmen-segmen akan menjadi semakin niche. Misalnya segmen keluarga baru di kota untuk mobil, maka kebutuhan mobilnya mengarah ke mobil yang berukuran kecil dengan 4 sampai 5 penumpang saja. Konsumen keluarga yang sudah 10 tahun menikah akan berbeda lagi preferensi mobilnya, mereka butuh mobil yang agak besar dengan penumpang 7 orang.

Segmentasi dan Kompetisi

Semakin besar/umum segmen pasar, semakin banyak pula menarik kompetitor lain untuk masuk. Sebaliknya, bila segmen pasar semakin niche atau semakin spesifik, maka hanya menarik satu atau sedikit kompetitor saja. Para perusahaan dan pemasar yang memahami dan bergerak dalam pasar yang sangat niche, umumnya sangat mengerti dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dengan sangat baik, sehingga para pelanggan bahkan rela membayar dengan harga premium.

Sebagai contoh, Porcshe bisa menjual mobil-mobilnya dengan harga tinggi karena para pelanggan setianya merasa bahwa tidak ada perusahaan mobil lain yang mampu menawarkan produk/jasa/membership seperti yang dikemas Porsche.

Segmentasi dan Komunikasi Pemasaran

Suatu segmen pasar niche yang menarik haruslah mempunyai kelompok konsumen yang memiliki kebutuhan yang sangat spesifik serta bisa membayar dengan harga premium untuk produk/jasa tersebut karena perusahaan bisa memuaskan kebutuhan mereka dengan baik.

Para pemasarnya perlu menyusun program pemasaran yang khusus/disesuaikan untuk menyasar pasar niche tersebut, dan tidak mudah untuk ditiru oleh para pesaingnya.

Semakin banyak perusahaan kini mengarah ke niche marketing. Marriott kini menawarkan Hotel Marriott, Hotel Suite Marriott, penginapan, Marriott Courtyard dan Fairfield Inns, yang masing-masing ditargetkan untuk kelompok/segmen pasar yang berbeda.

American Express tidak hanya menawarkan green cards, tapi juga gold cards, corporate cards dan bahkan platinum cards. Nike membuat sepatu olahraga yang berbeda untuk setiap kegiatan olahraga yang berbeda, seperti jogging, basket, tenis, sepak bola, dan lain-lain. Menurut pengamatan agensi periklanan, lebih baik memiliki produk yang sangat disukai, walaupun oleh hanya sedikit pelanggan.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang apa itu segmentasi pasar, bagaimana melayaninya, serta bagaimana menerapkan segmentasi pasar dalam komunikasi pemasaran. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).