Resep Smoothie Bowl Sederhana, Sehat dengan Modal Minim!

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 22
Post ADS 1

Apa saja sih resep smoothie bowl yang mudah dibuat sendiri di rumah? 

Seperti nan kita ketahui, smoothie bowl adalah salah satu jalan ninja untuk mendapatkan sarapan bernutrisi nan rendah kalori. 

Namun, sering kali menu nan kita temukan di restoran menggunakan beragam bahan nan terbilang tidak mudah dijangkau, terutama dari sisi harga.

Inspirasi Resep Smoothie Bowl Hemat dan Sehat

Agar dapat tetap sehat dan juga hemat, Anda bisa mencoba beberapa resep smoothie bowl di bawah ini.

1. Green Smoothie

green smoothie

Supaya bisa segera mendapatkan berat badan ideal alias mempertahankan berat badan nan sudah pas, Anda bisa mencoba green smoothie yang lezat dan menyehatkan. Kamu nan mau mencobanya di rumah, bisa mengikuti pedoman komplit by Youtube/Honeysuckle berikut:

Siapkan Alat dan Bahan

Alat 

  • Blender

Bahan

  • 150 ml air kelapa
  • 150 gr daun kale dan 1 cup pisang 
  • ½ buah alpukat dan 1 cup mangga

Campurkan Semua Bahan

Apabila Anda sudah menyiapkan semua bahan resep smoothie bowl, selanjutnya siapkan blender. Masukkan daun kale, pisang, mangga, alpukat, dan air kelapa ke dalam blender. Selanjutnya, Anda bisa menyalakan blender untuk memprosesnya.

Blender Hingga Halus dan Kental

Gunakan blender dengan kecepatan tinggi agar pisang dan mangga frozen cepat hancur. Setelah satu menit, Anda bisa menggunakan kecepatan sedang dan blender selama 5 menit. Hal ini bermaksud semua bahan bakal hancur dan lembut serta konsistensinya menjadi lebih kental.

Siapkan Topping

Sambil menunggu smoothie jadi, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan untuk topping supaya lebih menarik dan lezat. Berikut merupakan bahan untuk topping:

  • 1 sendok makan chia seed
  • ½ buah kiwi dan ½ buah manga, iris tipis
  • 1 cup raspberry segar

Siapkan Mangkok

Apabila resep smoothie bowl sudah halus, maka matikan blender. Selanjutnya, siapkan mangkuk saji dan tuangkan semua bahan nan sudah lembut ke dalam mangkuk. Sebaiknya, jangan menuangkan sampai penuh lantaran kelak tetap bakal ditambahkan topping.

Berikan Topping dan Sajikan

Jika green smoothie sudah Anda tuang ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan chia seed dan tata memanjang. Tata buah raspberry segar di sebelah chia seeds, kemudian tambahkan lagi irisan kiwi dan mangga. Green smoothie pun siap disajikan.

2. Pink Smoothie

pink smoothie

Resep smoothie bowl berikutnya nan bisa Anda coba ialah pink smoothie menggunakan buah naga by Youtube/Asahid TehYung. Untuk membuatnya langsung saja siapkan bahan-bahan dan ikuti pedoman lengkapnya di bawah ini:

Siapkan Bahan dan Alat

Bahan

  • ½ buah naga besar dan 1 buah pisang frozen
  • 75 gr buah stoberi frozen dan 100 ml santan

Alat

  • Blender atau hand blender

Masukkan Bahan ke Blender

Setelah semua bahan resep smoothie bowl ini siap, lampau masukkan ke dalam blender. Proses dengan kecepatan tinggi agar semua frozen fruit tersebut sigap hancur. Selain itu, menghaluskan dengan kecepatan tinggi juga bakal membikin tekstur smoothies lebih kental. 

Siapkan Topping

Sambil menunggu proses menghaluskannya selesai, Anda bisa menyiapkan beberapa topping. Selain mempercantik tampilan, topping juga bakal menambah keragaman gizi dan nutrisi smoothie yang sudah Anda buat. Kamu bisa menambahkan granola, chia seed, kacang almond, dan irisan buah segar.

Tata dalam Mangkuk

Jika Anda sudah mendapatkan tekstur smoothie yang lembut dan kental seperti ice cream, segera matikan blender. Pindahkan ke dalam mangkuk saji, kemudian ratakan agar mudah saat memberikan topping.

Tambahkan Topping

Setelah pink smoothie sudah Anda tata, selanjutnya tambahkan topping yang sudah Anda siapkan. Kreasikan sendiri hingga memberikan tampilan nan elok dan menggugah selera. Smoothie pun siap dinikmati selagi tetap dingin dan belum mencair.

3. Peach Mango Smoothie

peach smoothie

Rekomendasi resep smoothie bowl lainnya nan kaya serat dan mengenyangkan selanjutnya ialah peach mango smoothie. Yuk, ikuti pedoman mudahnya dari  Youtube/Kaylie Grace untuk membuatnya:

Siapkan Alat dan Bahan

Alat

  • Blender

Bahan

  • 1 buah mangga frozen dan 1 buah pisang frozen
  • ½ sendok makan air perasan lemon
  • 2 buah peach frozen dan 50 ml santan

Proses Menggunakan Blender

Apabila semua sudah siap, campurkan semua bahan smoothie bowl di atas ke dalam blender. Proses dengan kecepatan tinggi selama 5-8 menit agar menghasilkan tekstur nan lembut sempurna.

Mengingat setiap jenis blender memiliki langkah kerja nan berbeda, maka Anda bisa menyesuaikan sendiri berapa lama waktu nan Anda butuhkan. Kamu bisa menghentikan proses memblender jika semua bahan sudah lembut dan teksturnya padat seperti es krim.

Tata di Mangkok Saji

Segera pindahkan ke dalam mangkuk saji jika smoothie sudah jadi. Mengingat teksturnya sangat padat, maka ratakan agar mendapatkan permukaan nan rata. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan topping sesuai selera di atasnya. 

Sajikan

Jika semua proses di atas sudah selesai, maka resep smoothie bowl peach mango siap untuk Anda sajikan. Tambahkan pula potongan buah mangga dan peach agar lebih terasa dan menambah kesegaran.

Tips Membuat Smoothie Bowl

Agar bisa membikin smoothie yang creamy dan bernutrisi, beberapa tips di bawah ini bakal membantumu.

1. Gunakan Buah Frozen

Tekstur minuman sehat ini haruslah kental sehingga lebih mengenyangkan. Nah, agar bisa mendapatkan tekstur kental tanpa kudu menambahkan es saat memprosesnya, gunakan buah nan sudah dibekukan. 

Jika Anda menggunakan buah segar, tentu kudu menambahkan es nan cukup banyak agar mendapatkan tekstur nan padat. Tambahan es ini tentu bisa mengurangi rasa manis pada buah tersebut.

2. Jangan Takut Menambahkan Sayuran

Saat membikin resep smoothie bowl untuk diet, Anda bisa menambahkan sayuran. Jenis sayuran nan bisa Anda gunakan untuk resep minuman sehat ialah bayam, kale, mentimun, wortel, brokoli, dan seledri. 

3. Jangan Menambahkan Gula

Umumnya, smoothie akan menggunakan beberapa jenis buah dengan rasa nan berbeda-beda. Nah, Anda tidak perlu lagi menambahkan gula alias susu lantaran sudah mengandung pemanis alami dari buah tersebut. Namun, jika tetap mau menambahkan pemanis, gunakan sedikit madu.

4. Segera Sajikan Saat Dingin

Supaya Anda bisa mengonsumsinya lebih nikmat, maka segera sajikan setelah selesai dibuat. Jika dibiarkan, teksturnya bakal berubah lebih cair dan rasanya juga bakal berubah. Dengan demikian, resep ini tidak cocok untuk bekal lantaran kudu langsung dimakan.

Sudah Siap Mencoba Resep Smoothie Bowl Sendiri?

Itulah tiga resep membikin smoothie lengkap dengan panduannya.

Kamu juga bisa mengkreasikan resep smoothie dengan buah alias jenis sayuran lainnya.

Semoga resep di atas dapat membantu meraih hidup nan lebih sehat, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar resep minuman, minuman sehat, upaya minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

Pertanyaan nan Sering Diajukan?