PT Pindad Berhasil Bikin Drone 'Bunuh Diri' Kamikaze, Bisa Bawa Bom 0,8 Kg

Sedang Trending 2 minggu yang lalu 18
Post ADS 1
Drone kamikaze Minibe alias drone bunuh diri dalam pameran industri pertahanan Indo Defence 2022, Kemayoran, Jakarta. Foto: SINDOnews

Teknologi.id - Pemain industri militer Indonesia sekarang semakin maju, bahkan drone bunuh diri alias drone kamikaze sudah sukses dikembangkan. Terbaru, PT Pindad Persero memamerkan drone bunuh diri besutannya dalam pameran industri pertahanan Indo Defence 2022, Kemayoran, Jakarta. Drone nan bakal memperkuat keahlian tempur militer Indonesia ini diberi nama Minibe. 

Drone Minibe mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan drone nan ada sekarang ini di dunia, seperti mampu dilepas langsung dari bawah alias dengan menggunakan drone induk VTOL.

“Drone ini bisa memandang sasaran sejauh 20 Km dan dalam waktu sekian detik bisa menghancurkan target,” kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, Kamis (3/11/2022).

Abraham menyebut, PT Pindad sudah memproduksi dua unit drone dan sudah diuji coba. ”Sebenarnya sudah (dioperasikan) tinggal menunggu kapan kita bisa mendapatkan perjanjian untuk produksi. Ya mudah-mudhan mendapatkan kontrak,” ujarnya.

Baca juga: Drone Ini Mampu Melihat Sesuatu di Balik Dinding Berkat Bantuan Wi-Fi

Selain itu, drone ini mempunyai jarak terbang hingga 25 km dan waktu terbang mencapai 15 menit. Drone Minibe mempunyai kecepatan cukup tinggi hingga mencapai 250 Km/jam ke sasaran sasaran.

“Drone ini dikembangkan sejak 2021 dan bisa bekerja sangat efektif dalam menghancurkan sasaran sasaran lantaran drone ini bisa membawa beberapa bahan peledak seberat 0,8 Kg. Itu bisa diisi TNT alias bahan-bahan lain,” paparnya.

Sebagai informasi, nama drone kamikaze mencuat dalam perang Rusia-Ukraina. Drone tersebut sangat efektif menghancurkan pertahanan musuh setelah lebih dulu mengawasi targetnya. Kehadiran drone kamikaze PT Pindad ini pun menarik perhatian pengunjung dan delegasi militer dari luar negeri.

Berikut ini spesifikasi Drone Kamikaze Minibe:

  • Tipe : Fixed Wing
  • Propulsi: Fully electric
  • Bentang Sayang: 1,3 meter
  • Berat Maksimum: 6 Kg
  • Hulu ledak: 800 gram
  • Kecepatan mengenai target: 250 Km/jam
  • Lama terbang: 15 menit
  • Catu daya: Baterai Li-Po alias Li-lon
  • Operasi: 1. Hand Launched Take Off 2. GCS Soft Ware

(dwk)