Permudah UKM Lokal Kelola Bisnis, Google Luncurkan Workspace Individual

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 19
Post ADS 1

Foto: Enterpreneur Camo

Teknologi.id - Google meluncurkan layanan Google Workspace Individual pada Rabu (26/20/2022) untuk pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.

Peluncuran ini dimaksudkan untuk memudahkan pemilik bisnis untuk tumbuh, berkembang, mengoperasikan dan mengamankan bisnis mereka.

Fitur yang ditawarkan kepada pemilik bisnis meliputi Gmail, Documents, Meet, dan layanan kalender yang dapat digunakan untuk menjadwalkan rapat, mengadakan rapat online, membuat email pemasaran yang dipersonalisasi, dan berbagai fungsi lainnya.

“Pelanggan dapat dengan mudah mengelola semua agenda pribadi dan profesional mereka dari satu tempat, dengan akses ke bantuan Google untuk mendapatkan solusi yang maksimal dari kegiatan yang akan dijalani,” tutur Google dalam sebuah keterangan dikutip dari KompasTekno, Senin (27/10/2022).

Baca juga: Mahasiswa ITB Ciptakan 'Savlite', Ubah Angin Kendaraan Ngebut Jadi Listrik

Namun, perbedaan layanan yang diberikan berbeda untuk pelanggan yang tidak dibayar. Google Workspace khusus ini memberi pemilik bisnis akses ke penyimpanan cloud Google sebesar 1 TB. Untuk memungkinkan pengguna menggunakan fitur premium yang ada dengan lebih bebas.

Misalnya, pengguna non-langganan biasanya hanya berhak atas penyimpanan 15 GB. Oleh karena itu, penggunaan Anda atas layanan Google yang ditawarkan menjadi lebih terbatas.

Menurut perusahaan, pengguna dapat menyimpan lebih dari 100 jenis file ke Google Drive, termasuk file PDF, desain berbantuan komputer (CAD), dan gambar.

Sebagai fitur lain, perusahaan juga mengumumkan fitur yang disebut Multi-Transmit Mode. Fitur ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengirim email massal sekaligus dengan tetap menjaga privasi dan keamanan.

Baca juga: Solusi Bagi Fresh Graduate! Wawancara Kerja Kini Bisa Menggunakan VR

Tujuan penambahan fitur ini adalah agar penerima pesan merasa istimewa dan akrab, karena pegangan pesan dibuat secara individual untuk setiap penerima.

Para pebisnis yang menggunakan layanan ini juga dapat berkolaborasi dan mengedit file Microsoft Word secara langsung melalui layanan Google tanpa harus melakukan konversi format file.

Untuk meningkatkan privasi dan keamanan, Google Drive memiliki perlindungan bawaan terhadap virus berbahaya seperti malware, spam, dan ransomware.

“Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila secara tidak sengaja membuka membuka dokumen yang membawa malware,” lanjut Google.

Fitur terakhir adalah layanan premium Google kini menghadirkan tanda tangan elektronik di Google Docs. Seorang pengguna dapat memberikan tanda tangan digital, misalnya, saat membuat kontrak.

(arm)