Pentingnya Perencanaan Bisnis Sebelum Membangun Bisnis Baru

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 30
Post ADS 1

Pentingnya Perencanaan Bisnis Sebelum Membangun Bisnis Baru

Pentingnya Perencanaan Bisnis - Rencana (planning) ibarat sebuah peta jalan. Bisnis yang baik diawali dengan membuat rencana bisnis. Rencana bisnis merupakan rencana kerja yang dibuat dengan tujuan membangun bisnis baru atau untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Rencana bisnis biasanya digunakan oleh untuk mencari calon investor guna menyampaikan visi mereka kepada calon investor. Sering juga digunakan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan penting, prospek bisnis baru dan hal-hal yang berhubungan dengan supplier.

Pentingnya Perencanaan Bisnis

Keuntungan menyusun rencana bisnis adalah sebagai berikut :

       Memberi arahan yang jelas mengenai tujuan bisnis yang akan dibangun

       Sebagai alat dalam menangani hubungan dengan pihak penting seperti kreditur dan investor.

Manfaat Perencanaan Bisnis Bagi Kreditur

Bagi kreditur, dengan adanya rencana bisnis, mereka dapat melihat apakah usaha anda layak untuk mendapat kucuran dana mereka juga untuk menentukan jumlah agunan, pinjaman serta waktu dan tingkat pengembalian yang sesuai.

Manfaat Perencanaan Bisnis Bagi Investor

Dengan rencana bisnis, investor dapat mengetahui apakah dana yang akan diinvestasikan dapat menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan serta dapat mendapat gambaran risiko yang akan dihadapi bila berinvestasi.

       Untuk mendapatkan nasihat atau masukan dari pihak lain, termasuk para ahli di bidang bisnis anda.

       Dengan adanya rencana bisnis, anda bisa melihat dimana letak kelemahan bisnis yang akan anda buat.

Format Rencana Bisnis

Format dan uraian sebuah rencana bisnis bervariasi, tetapi umumnya akan mencakup komponen seperti gambaran perusahaan, produk, target pasar, prakiraan, tim manajemen, dan analisis keuangan. Apakah ada standar untuk membuat sebuah rencana bisnis? Sebuah rencana bisnis yang standar umumnya mencakup hal-hal seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

•    Visi

Menjelaskan maksud dan tujuan bisnis Anda.

•    Personil

Siapkan daftar riwayat hidup setiap orang yang akan ikut terlibat dalam bisnis anda. Bagian dari rencana bisnis ini akan dibaca dengan sangat teliti oleh mereka yang berhubungan dengan bisnis anda, termasuk pemberi pinjaman, investor, dan vendor.

Apabila anda sendiri kurang mempunyai kemampuan untuk menjalankan fungsi penting, masukkan penjelasan bagaimana mengganti kekurangan ini misalnya dengan menambahkan mitra ke rencana anda atau berencana akan mempekerjakan orang-orang penting yang akan menyediakan ketrampilan yang tidak anda miliki. Masukkan riwayat hidup dari semua anggota manajemen yang anda inginkan.

Mantan CEO General Electric Jack Welch, mengatakan, ”Saya tidak mau terlalu menyederhanakan strategi. Namun Anda tidak seharusnya menderita karenanya. Temukan momen yang tepat dan tentukan arahnya, tempatkan orang yang tepat, dan bekerjalah sekeras-kerasnya untuk melaksanakan lebih baik dari orang lain, menemukan praktek terbaik dan memperbaikinya setiap hari.”

•    Profil Bisinis

Tentukan dan uraikan bisnis yang diinginkan dan pastikan bagaimana berencana untuk melakukannya. Jelaskan secara rinci bisnis yang akan digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana rencana untuk menyukseskan bisnis. Cobalah untuk tetap fokus pada pasar tertentu yang ingin dilayani.

1.      Target market harus jelas, apakah kalangan mahasiswa, pria, wanita, remaja, anak-anak. Bahas dan analisa konsumen potensial : siapa dan dimana mereka berada, apa saja yang menyebabkan mereka mau membeli, dan lain-lain. Dalam bagian ini perlu juga dianalisa persaingan yang akan dihadapi dan bagaimana memposisikan diri untuk memenangkannya.

2.      Produk. berikan produk dengan kualitas baik, walaupun sedikit lebih mahal, tapi ini akan menjadi promosi gratis untuk kedepannya.

3.      Promosi. Tentukan bentuk promosi yang akan diterapkan untuk bisnis anda.

4.      Support System. Point ini mungkin pengecualian untuk bisnis dalam skala kecil, karena seluruhnya bisa anda tangani sendiri. Pada saat bisnis anda sudah besar, anda memerlukan support system yang bisa memberikan kenyamanan pada customer anda.

•    Penilaian ekonomi

Sediakan penilaian tentang gambaran lingkungan ekonomi dimana bisnis anda akan didirikan.

•    Penilaian arus kas

Mencakup perkiraan pendapatan dan arus kas, neraca, rasio keuangan serta analisis break even. Untuk point ini mungkin akan diperlukan bantuan tenaga ahli seorang akuntan dan program software spreadsheet.

Kesalahan Umum Dalam Membuat Perencanaan Bisnis Dan Solusinya

Formalitas

Jangan berpikir membuat rencana bisnis adalah hal yang sangat sulit. Untuk membantu penyusunan rencana bisnis, kita bisa mempelajarinya dari banyak sumber, seperti buku, mengikuti seminar, ikut komunitas bisnis dan lain-lain.

Berangan-angan pada keuntungan dan melupakan arus kas

Banyak pebisnis yang lebih memikirkan laba ketimbang pemahaman tentang arus kas. Sebelum bisnis dimulai, sudah  terbiasa mematok dalam pikiran bahwa bisnis adalah bagaimana supaya jumlah penjualan dikurangi dengan semua biaya yang dikeluarkan bisa bernilai positif. Padahal dalam satu bisnis, kenyataan yang terjadi adalah bagaimana anda bisa membelanjakan uang seefektif mungkin.

Gagasan yang terlalu tinggi

Kita tidak memerlukan ide baru yang sangat hebat untuk memulai suatu bisnis. Justru ide baru jauh lebih sulit diterima investor, mereka tidak lekas percaya karena belum memahami ide tersebut. Kita tidak menjual ide kepada investor. Ingat, rencana bisnis dibuat untuk menyajikan informasi. Keberhasilan sering kali mendatangi mereka yang memulai bisnis dengan ekonomi yang bagus dan tidak selalu dari penemuan yang hebat.

Tujuan yang tidak terlalu jelas

Pastikan menyusun rencana bisnis dengan spesifik. Jumlah anggaran, tujuan, manajemen dan waktu. Jangan menggunakan kata-kata yang samar. Seperti menjadi yang terbaik, pada waktu yang tepat. Sasaran dibuatnya rencana bisnis yaitu hasilnya dan pastinya hasil tersebut hanya bisa didapatkan dengan usaha yang berkelanjutan dan spesifik.

Tidak fokus dan terlalu banyak yang diprioritaskan

Perencanaan yang fokus dan spesifik sangat membantu berjalannya bisnis dengan baik. Oleh sebab itu susunlah rencana bisnis sesuai dengan maksud dan tujuan bisnis yang ingin dijalankan. Pastikan hanya memasukkan rencana bisnis yang benar-benar penting dan relevan.

Buatlah daftar prioritas bisnis anda. Jangan membuat daftar yang terlalu panjang karena hanya akan memperkecil tingkat kepentingan masing-masing prioritas.

Membuat proyeksi yang kurang tepat

Hal ini sangat penting pada rencana finansial, yang berhubungan langsung dengan penjualan. Pada awal bisnis dijalankan, umumnya memang berjalan pelan, bisa jadi tahun pertama belum mendapatkan keuntungan.

Proyeksikan bisnis anda secara natural. Jangan berlebihan karena akan membuat percaya diri anda hilang jika tidak terealisasi dan juga jangan terlalu rendah karena akan menimbulkan rasa pesimis dan malas.

Rencana bisnis yang telah anda buat akan sangat membantu bisnis anda jika benar-benar diimplementasikan. Frank Zhou, manajer umum perusahaan farmasi Abbott International China, berpendapat bahwa pelaksanaan sangat penting dalam pasar-pasar seperti China.

“Pandangan saya ialah bahwa di China, pelaksanaan ialah masalah yang besar. Semua perusahaan farmasi multinasional memiliki strategi yang relatif sama: Mereka semua mengetahui bahwa China adalah pasar yang besar, mereka semua harus berinvestasi di sini dan mereka semua tahu kami harus membawa jajaran produk yang berbeda ke China. Namun, apa yang membuat sebuah perusahaan berhasil pada akhirnya ditentukan oleh apakah perusahaan itu bagus dalam pelaksanaan rencananya atau tidak. Sehubungan dengan akses pasar, mempertahankan bakat, membuat standar etika dan berkomunikasi dengan kantor pusat Anda, jika Anda bisa melakukan lebih baik dari pesaing Anda dalam hal-hal tersebut, Anda akan mencapai hasil yang lebih baik. Kami harus lebih fokus pada detil, dan mengikutinya serta mengerjakannya.”

Pentingnya perencanaan bisnis sebelum membangun bisnis baru perlu dipertimbangkan oleh setiap pengusaha. Perusahaan yang melaksanakan rencana strateginya dengan sangat baik dialah yang akan berhasil memenangkan persaingan pasar. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).