Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box? Bisa, Begini Caranya

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 25
Post ADS 1

Foto: Inet Detik

Teknologi.id - Pemadaman siaran TV analog di Jabodetabek dan ratusan daerah lainnya tidak terlepas dari proses pengedaran dan penawaran pembelian Set Top Box (STB). Apakah perlu STB untuk menerima siaran digital?

STB sendiri adalah perangkat nan mengubah sinyal digital menjadi gambar dan bunyi nan Anda lihat di televisi analog biasa. Namun, ada perangkat TV nan dapat mengakses sinyal digital tanpa STB tambahan.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan, jika TV sudah berbasis digital, tidak perlu lagi menggunakan perangkat STB.

"Televisi nan sudah bisa mengakses sinyal digital tidak memerlukan perangkat bantu," ucap Dedy.

Lalu, gimana caranya TV sudah bisa mengakses digital alias belum? Berikut ini caranya.

Baca juga: Mahfud MD Sebut TV Digital Kualitasnya Seperti di Layar Lebar

Cek fitur HDTV

Cara pertama untuk mengetahui apakah TV Anda digital adalah dengan memeriksa keahlian HDTV, nan biasanya terdapat di TV kamu.

Untuk televisi nan mendukung siaran digital, Anda dapat memberi label dan kunci HDTV internal, DTV, keahlian digital, keahlian HD, tuner digital, tuner digital terintegrasi, penerima digital, dan jack lainnya.

Jika tidak dapat menemukan label ini, TV Anda mungkin tidak dapat mengakses sinyal digital.

Cek spesifikasi TV

Cara lain untuk mengetahui apakah TV bisa menerima siaran digital adalah dengan mengecek spesifikasi TV nan Anda mau beli.

Untuk mengeceknya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan nomor model TV Anda di laman resmi merek TV tersebut alias bisa cari di Google.

Baca juga: Main Game Android di Windows Berkat Google Play Game Sudah Resmi Masuk Indonesia

Periksa di situs Kominfo

Selain kedua metode di atas, Kominfo juga menawarkan laman unik untuk menentukan apakah TV Anda sudah mendukung transmisi digital. Kamu tinggal mengunjungi situs resmi siaran digital Kominfo di sini.

Di kolom Kategori, pilih opsi TV. Kemudian masukkan merek dan model TV kamu. Jika merek dan jenis TV Anda tercantum, maka TV Anda dapat menerima sinyal digital dan Anda tidak memerlukan STB.

Cari saluran digital

Cara terakhir dan termudah untuk mengetahui apakah TV Anda digital alias analog adalah dengan mengujinya. Yang kudu Anda lakukan adalah mencari alias mencari saluran dengan remote control TV kamu.

Jika memandang opsi untuk DTV alias saluran digital, berfaedah TV Anda dapat menerima siaran digital. Jika tidak memandang apa-apa, Anda pasti mempunyai TV analog lantaran TV Anda tidak dapat menerima saluran TV digital.

(arm)