Manfaat Yang Diperoleh Dari Rutin Mengamalkan Dzikir Pagi Petang

Sedang Trending 10 bulan yang lalu 21
Post ADS 1

  Dzikir merupakan ibadah nan biasa dilakukan oleh umat muslim selepas sholat maupun di sela – sela waktu menuju sholat. Meskipun dzikir in...

Dzikir merupakan ibadah nan biasa dilakukan oleh umat muslim selepas sholat maupun di sela – sela waktu menuju sholat. Meskipun dzikir ini merupakan salah satu ibadah sunnah tetapi rupanya dzikir ini memiliki faedah dan juga keistimewaan nan sangat mulia. Bahkan seringkali jika kita mempunyai kemauan Rasul mengajarkan umatnya untuk berdzikir dan mengagungkan naman Allah sebanyak – banyaknya.

Biasanya selain sete;a sholat ataupun saat sedang menunggu waktu sholat dzikir ini juga bisa dilaksanakan saat sedang senggang ataupun di sela – sela kegiatan harian. Dzikir ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sedangkan untuk referensi nan dibacakan pun biasanya mengikuti patokan nan biasa digunakan oleh Rasulullah SAW.

Orang nan rutin berdzikir baik pagi dan petang biasanya akan Allah mudahkan segala urusannya. Biasanya dzikir ini juga sering digiatkan untuk mendapatkan sesuatu nan sedang diinginkan. Dengan berdzikir sebanyak – banyaknya maka diyakini Allah bakal lebih sigap mengabulkan segala permohonan hambanya.

Perintah mengenagi dzikir pagi dan petang ini juga sudah dijelaskan secara jelas dalam alquran pada surat Ar Rum ayat 17 nan berbunyi sebagai berikut :

“Fa sub-ḥānallāhi ḥīna tumsụna wa ḥīna tuṣbiḥụn”

Artinya : Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu Anda berada di pagi hari." (QS. Ar Rum: 17).

Dari ayat tersebut kita bisa mengetahui bahwa waktu terbaik yang bisa dijadikan untuk waktu berdzikir adalah di waktu pagi dan petang. Lebih tepatnya waktu dzikir pagi bisa dimulai semenjak masuknya waktu sholat subuh sampai terbitnya matahari. Sedangkan waktu dzikir petang dimulai saat masuknya waktu sholat ashar sampau dengan waktu terbenamnya matahari. Ketentua waktu untuk berdzikir ini juga dijelaskan dalam ayat berikut :

“Faṣbir 'alā mā yaqụlụna wa sabbiḥ biḥamdi rabbika qabla ṭulụ'isy-syamsi wa qablal-gurụb”

Artinya : "Maka bersabarlah Anda terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sembari memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya." (QS. Qaf: 39).

Ternyata dengan giat membaca dzikir pagi petang ini juga kita bakal mendapatkan banyak sekali keistimewaan dan nikmat dari Allah SWT. Berikut ini merupakan beberapa faedah nan bisa kita rasakan.

1.     Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

Lewat dzikir pagi petang nan kita lakukan berarti sama saja dengan kita mendekatkan diri dengan Allah SWT. Karena secara tidak langsung dari referensi – referensi dzikir nan kita lafalkan sama saja seperti kita menjalin komunikasi dengan Allah lewat dzikir tersebut.

2.     Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT

Manfaat nan bisa didapatkan dari dzikir pagi petan ini adalah mendapatkan perlindungan dari Allah. Hal tersebut karena orang nan giat berdzikir maka hatinya bakal bersih dan dia pun bisa memulai berbagai aktifitas dengan lebih baik.

3.     Mendapatkan jawaban surge

Allah menjanjikan barangsiapa orang yang rajin berdzikir pagi dan petang maka bakal mendapat jawaban surge kelak. Hal mengenai pernyataan ini juga banyak dijelaskan didalam hadits.

4.     Mendapatkan ketenangan jiwa

Ketenangan jiwa merupakan salah satu yag sulit didapatkan di masa – masa seperti ini. Tetapi dengan rutin melakukan dzikir pagi petang maka Allah bakal memberikan ketenangan tersebut dengan sekejap mata. Hal tersebut lantaran orang nan berdzikir hatinya dekat dengan Allah dan itulah nan membuatnya dirinya tenang.

5.     Merasa bersyukur

Dengan berdzikir maka kita bakal memaknai setiap nikmat nan Allah berikan dengan sangat baik. Berapapun besaran dan bentuknya nikmat tersebut bakal selalu terasa cukup dimata orang nan rajin berdzikir.