Ini Penyebab Banyak Akun Instagram Ditangguhkan Tadi Malam

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 14
Post ADS 1

Teknologi.id - Instagram dilaporkan mengalami down atau error pada Senin (31/10/2022) malam, sekitar pukul 20.40 WIB. Banyak dari pengguna mengeluh akun Instagram mereka ditangguhkan atau kena suspend dan tidak bisa login.

Beberapa masalah lain seperti tidak bisa melihat postingan IG Stories di linimasa/timeline, maupun jumlah follower yang tiba-tiba berkurang drastis juga turut dikeluhkan. 

Lantas, apa yang menyebabkan Instagram down sehingga banyak akun Instagram ditangguhkan tadi malam?

Ternyata, penyebab ramai akun Instagram ditangguhkan pada Senin malam adalah karena bug.

Hal tersebut diungkap oleh Instagram melalui akun Twitter resminya @InstagramComms, pada Selasa (1/11/2022) pagi waktu Indonesia. Tak hanya itu, CEO Instagram, Adam Mosseri, juga mengunggah pernyataan serupa melalui akun resminya di Instagram.

Baca juga: Instagram Dilaporkan Error, Pengguna Mengeluh Akunnya Kena Suspend

Bug ini merupakan kecacatan atau kerusakan teknis di dalam aplikasi Instagram. Sehingga menyebabkan pengguna Instagram tidak bisa login, akun Instagram ditangguhkan atau kena suspend, tidak bisa melihat postingan Instagram Stories, dan jumlah follower tiba-tiba berkurang drastis.

Namun, Instagram memastikan bug dalam aplikasinya itu sudah diatasi dan Instagram sudah kembali normal.

"Kami telah mengatasi bug ini sekarang – ini menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan sementara pada beberapa jumlah pengikut. Maaf!" twit InstagramComms.

We’ve resolved this bug now – it was causing people in different parts of the world to have issues accessing their accounts and caused a temporary change for some in number of followers. Sorry! 😵‍💫https://t.co/Q1FBOEI97D

— Instagram Comms (@InstagramComms) October 31, 2022

Instagram down atau error secara global

Berdasarkan pantauan Teknologi.id di linimasa Twitter maupun situs downdetector, Instagram down terjadi secara global.

Sejumlah pengguna di Singapura, Malaysia, sebagian Amerika Serikat (AS), maupun negara-negara Eropa juga mengeluhkan gangguan yang sama.

Instagram sendiri sudah menyadari ada gangguan di aplikasinya tak lama setelah pengguna mengeluhkan Instagram down di media sosial.

"Kami menyadari bahwa beberapa dari Anda mengalami masalah saat mengakses akun Instagram Anda. Kami sedang menyelidikinya dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. #instagramdown"," tulis pihak Instagram melalui akun Twitter @InstagramComms, Senin malam.

(dwk)