Drone Ini Mampu Melihat Sesuatu di Balik Dinding Berkat Bantuan Wi-Fi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 18
Post ADS 1

Foto: Pexels/Darrel Und

Teknologi.id - Sejumlah peneliti sukses membikin drone dengan support Wi-Fi dan bisa memandang apa nan ada di kembali dinding.

Jika kalian telah mendengar teknologi LiFi nan dapat mengirimkan informasi melalui perantara cahaya, namun sekarang muncul teknologi baru ialah Wi-Peep.

Wi-Peep merupakan penamaan untuk drone nan hanya bermodalkan jaringan Wi-Fi, maka drone tersebut bisa melihat secara tembus pandang yang ada di kembali dinding.

Metode nan dilakukan drone ini memanfaatkan celah keamanan nan disebut polite WiFi. Jadi meskipun jaringan Wi-Fi kalian menggunakan password untuk terhubung, nantinya smart device bakal secara otomatis merespons upaya device apapun nan berada di dalam jangkauan.

Drone Wi-Peep bakal bekerja dengan langkah mengirimkan beberapa pesan terlebih dulu ke perangkat ketika terbang. Kemudian, drone bakal mengukur waktu respons dari masing-masing perangkat dan memungkinkan drone bakal mengidentifikasi letak perangkat tersebut dalam jarak satu meter.

Baca juga: Kini Polisi Bisa Tilang dari Udara Pakai Drone, Bagaimana Mekanismenya?

Sebenarnya pemanfaatan menggunakan Wi-Fi untuk memandang sesuatu di kembali tembok bukanlah penemuan baru, tetapi Wi-Peep ini memungkinkan seseorang untuk mengubah drone standar nan bisa didapatkan di toko dan memasangkan hardware seharga $20 nan dapat dibeli di mana pun.

Menggunakan teknologi nan serupa, seseorang juga mempunyai keahlian untuk melacak pergerakan satpam di dalam bank dengan langkah mengikuti letak ponsel alias smartwatches nan dimilik satpam tersebut.

"Demikian pula, seorang pencuri dapat mengindentifikasi letak dan jenis perangkat pandai di rumah, termasuk kamera keamanan, laptop, dan TV pintar, untuk menemukan kandidat nan baik untuk pembobolan," ucap Dr. Ali Abedi selaku asiste profesior komputer sains di Waterloo seperti nan dikutip dari Techeblog, Kamis (3/11).

(ai)