Deretan Minuman Khas Jawa Timur untuk Menemani Bereksplorasi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 22
Post ADS 1

Kurang komplit rasanya jika belum mencoba minuman unik Jawa Timur saat Anda plesiran bagian pulau Jawa ini.

Surabaya sebagai pusat ibukota Jawa Timur terkenal dengan kondisi cuacanya nan panas. Namun, beberapa daerah justru mempunyai cuaca nan lebih dingin dan sejuk. Nah, kondisi cuaca inilah nan semakin menambah keragaman makanan dan minuman unik masing-masing daerah.

Rekomendasi Minuman Khas Jawa Timur untuk Dicoba

Punya rencana mengeksplor beberapa daerah di Jawa Timur?

Supaya lebih mengesankan jangan lupa mencoba rekomendasi minuman unik berikut ini/

1. Es Legen

Rekomendasi minuman unik Jawa Timur pertama ialah mulai dari nan seger ialah es legen. Minuman tradisional asal Tuban ini berasal dari nira pohon kelapa alias nira siwalan. Legen mempunyai citarasa manis alami dan aroma nan khas. 

Pada saat bulan puasa, banyak nan menjual es legen untuk pelepas dahaga saat berbuka. Namun, Anda tetap tetap bisa menemukan penjual es legen di hari-hari biasa sehingga bisa mengobati rasa penasaranmu.

Saat membeli es legen siwalan, Anda juga bisa mencoba makan daging buahnya. Tanaman nan tetap termasuk family kelapa ini mempunyai daging buah bulat-bulat kecil. Tekstur siwalan kenyal seperti kolang-kaling sehingga juga sering digunakan untuk campuran isi es.

2. Es Sinom

Saat melancong ke Surabaya jangan lupa mencoba es sinom minuman unik Jawa Timur. Pada dasarnya minuman ini merupakan jamu tradisional lantaran terbuat dari daun masam muda, kunyit, dan gula aren. Tak hanya bisa menyegarkan dari teriknya cuaca kota Surabaya, minuman ini juga baik untuk menjaga kesehatan.

Es sinom mempunyai rasa masam nan berasal dari daun masam Jawa dan diimbangi dengan gula aren sehingga menghasilkan perpaduan rasa nan enak. Selain itu, tambahan kunyit semakin menambah aroma segar. Es jamu ini cocok Anda nikmati saat siang hari alias cuaca panas.

Banyak faedah kesehatan nan bakal Anda dapatkan dengan mengonsumsi es sinom. Kandungan kunyit dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah, melancarkan aliran darah, dan haid. Selain itu, minuman ini juga bisa menguatkan imun sehingga tidak cemas sakit saat plesiran.

3. Es Gudir

Minuman unik Jawa Timur lainnya nan tidak kalah segar dengan minuman kekinian ialah es gudir. Gudir merupakan julukan agar-agar dalam Bahasa Jawa. Es ini sangat sederhana lantaran hanya menggunakan isian utama agar-agar.

Gudir alias agar-agar nan sudah dipotong kecil-kecil bakal tambah dengan siraman sirup dan es batu. Selain sirup, es gudir juga menggunakan gula aren sebagai pemanisnya sehingga terasa lebih legit dan sedap.

Beberapa penjual es gudir juga menambahkan santan sehingga memberikan citarasa gurih segar. Es gudir merupakan jajanan terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk menikmati kesegarannya.

4. Wedang Angsle

Angsle merupakan rekomendasi minuman unik Jawa Timur nan nikmat diminum dalam kondisi tetap hangat. Malang merupakan daerah asal minuman hangat nan manis dan gurih ini. Namun, banyak daerah lainnya nan menjual ini sehingga Anda lebih mudah mendapatkannya.

Minuman nan biasa digunakan untuk menghangatkan badan ini juga bisa mengenyangkan lantaran mengandung banyak isian. Petulo merupakan isian unik wedang angsle dan dilengkapi dengan potongan roti tawar, sagu mutiara, kacang tanah sangrai, dan kuah santan.

5. STMJ

Minuman untuk menghangatkan badan nan terkenal seantero Indonesia ialah STMJ alias Susu Telor Madu Jahe. Tahukah Anda bahwa rupanya asal minuman ini dari Malang, lho! Selain untuk menghangatkan badan, banyak nan percaya STMJ dapat meningkatkan stamina.

Kamu nan belum mencoba STMJ mungkin sedikit mengernyitkan dahi lantaran dicampur telur. Nggak usah cemas dengan aroma amisnya lantaran aroma jahe nan kuat dapat menyamarkan amis pada telur.

Minuman unik Jawa Timur STMJ biasanya menggunakan bahan alami seperti susu sapi asli, jahe segar, madu asli, serta telur ayam kampung. Nah, jangan lupa mencicipi STMJ saat ke Malang agar badan tetap hangat dan stamina terjaga selama jalan-jalan.

6. Wedang Cemue

Sajian hangat dan nikmat nan perlu Anda coba saat berada di Ngawi ialah cemue. Sekilas tampilannya terlihat seperti angsle, namun cemue mempunyai karakter tersendiri. Minuman ini menggunakan kuah santan dengan isian potongan roti tawar dan kacang tanah goreng. 

Cemue disajikan dengan taburan bawang goreng. Nah, inilah nan membikin sajian hangat ini menjadi lebih unik. Minum cemue saat musim hujan alias cuaca dingin bisa membikin badan lebih hangat lantaran kuah santan tersebut mengandung jahe.

7. Wedang Jaselang

Masih ada lagi, lho minuman unik Jawa Timur Malang nan bisa menyehatkan badan ialah wedang jaselang. Nama jaselang itu sendiri merupakan singkatan dari bahan-bahan pembuatnya ialah jahe, kayu secang, serta akar alang-alang. 

Selain bahan utama nan sudah disebutkan tadi, wedang ini juga ditambahkan kapulaga, merica, dan juga kayu manis. Wedang jaselang mempunyai aroma wangi segar dari kayu manis dan kapulaga. Semua bahan herbal tersebut mempunyai faedah nan luar biasa untuk kesehatan.

Khasiat utama dari wedang jaselang ialah menghangatkan badan, melegakan tenggorokan nan tidak nyaman, serta dapat mengatasi perut kembung. Nah, jika Anda merasa kurang fit saat plesiran ke Malang bisa langsung coba wedang jaselang, ya. 

8. Es Pleret

Blitar adalah salah satu daerah di Jawa Timur nan mempunyai sejarah besar lantaran merupakan tahun kelahiran presiden pertama Indonesia. Saat mengunjungi makam Bung Karno, Anda bisa sekalian melepas dahaga dengan membeli es pleret.

Es pleret menjadi salah satu minuman unik Jawa Timur nan terkenal lantaran tampilan nan unik dan rasanya manis segar. Isi dari es pleret ialah adon nan ditekan menggunakan tangan (di pleret dalam bahasa Jawa) sehingga menghasilkan corak nan unik.

Kuah es pleret menggunakan santan sehingga menambah rasa gurih. Untuk mendapatkan rasa manis nan unik dan sedap, es ini menggunakan gula merah. Bersantai menikmati cuaca panas di Blitar bakal lebih komplit dengan minum es pleret.

9. Wedang Pokak

Minuman unik Jawa Timur lainnya nan menggunakan racikan rempah ialah wedang pokak. Probolinggo merupakan daerah asal wedang pokak. Racikan rempah untuk membikin wedang ini ialah kayu manis, daun pandan, jeruk purut, cengkeh, dan juga jahe.

Minuman penghangat badan ini lebih nikmat ditambahkan gula batu alias gula aren. Selain itu, wedang pokak juga bisa untuk meredakan sakit kepala dan juga nyeri haid. Kamu bisa membawa pulang minuman tradisional ini sebagai oleh-oleh lantaran sudah tersedia dalam corak sirup botol.

10. Es Buto Ijo

Nama buto ijo merupakan salah satu tokoh pewayangan nan mempunyai badan besar dan sifat jahat. Lantas, apa hubungan dengan es? Jadi, di daerah Lumajang mereka mempunyai minuman unik nan dimakan ialah es buto ijo lantaran menggunakan sirup melon. Dominasi warna hijau inilah nan membikin es ini disebut es buto ijo.

Memang apa nan spesial dari es buto Ijo? Es ini lumayan meriah lantaran menggunakan jenis isi nan banyak seperti kolang-kaling, sagu mutiara, biji selasih, serutan kelapa muda, dan nata de coco.

Semua isian tersebut ditambahkan es serut dan disiram dengan sirup melon sebagai pemanis. Sudah bisa membayangkan kesegaran minuman unik Jawa Timur ini, kan? Jangan lupa masukkan di list minuman nan wajib Anda coba saat main ke Jawa Timur ya.

11. Teh Kocok

Jika Aceh mempunyai minuman unik teh tarik maka Surabaya punya teh kocok. Sesuai dengan namanya, langkah membikin teh ini ialah dengan mengocoknya hingga berbusa lampau disajikan dengan es batu.

Bahan-bahan untuk membikin teh tidak jauh berbeda dengan teh tarik ialah susu kental manis, gula, dan teh hitam.

Minuman unik Jawa Timur Mana nan Paling Menggoda?

Itu dia rekomendasi minuman unik Jawa Timur nan layak untuk Anda coba.

Masih ada banyak minuman unik lainnya nan mungkin bisa Anda temukan.

Selain mencoba beragam macam minuman unik daerah, Anda juga bisa mengeksplor tempat-tempat wisata keren lainnya.

Selamat berlibur!


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Indonesia, minuman Indonesia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

Pertanyaan nan Sering Diajukan?