Crypto Exchange Deribit Diretas, Rp437,2 Milyar Melayang

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 23
Post ADS 1

Deribit merupakan salah satu produk crypto derivatif terbesar di dunia, lantaran memberikan fitur crypto options dan futures. Tidak heran jika volume transaksinya mencapai US$280 juta. Tapi, baru-baru ini deribit diretas oleh para hacker.

Crypto exchange Deribit mengalami kerugian sebesar US$28 juta alias sekitar Rp437,2 milyar.

Peretasan dilakukan pada hot wallet nan menjadi ruang penyimpanan utama penanammodal crypto harian lantaran terhubung langsung dengan website server.

Deribit Exchange Diretas 

Menurut laporan Beincrypto, hacker menyerang hot wallet untuk Bitcoin, Etherem dan USD coin. Setiap perubahan nan terjadi bakal diisolasi dan dikarantina.

Deribit juga menkonfirmasi bahwa sebagian besar akun di Fireblocks tidak terkena akibat dari masalah ini.

Sekedar informasi, hot wallet lebih disukai lantaran penanammodal tidak perlu memindahkan isi wallet-nya ketika melakukan transaksi harian sehingga lebih praktis. Tapi, wallet tersebut kurang kondusif jika dibandingkan dengan cold wallet.

Dilansir dari Coindesk, kejadian ini tidak bakal berakibat pada aset klien. Tapi, kegiatan penarikan sementara dihentikan sampai proses pemeriksaan keamanan selesai dilakukan.

Kebijakan nan sama juga bertindak bagi kustodian pihak ketiga sepertimitra Deribit seperti Copper Clearloop dan Cobo.

IKLAN

Tanggapan Developer Deribit Diretas

Kejadian peretasan ini terjadi pada awal hari (1/11/2022) tepat sebelum tengah malam.

Hal ini menyebabkan kerugian besar bagi Deribit. Akan tetapi, 99 persen aset pelanggan ini rupanya tersimpan di dalam cold wallet dan hacker hanya bisa mengakses di hot wallet saja.

Berdasarkan laporan dari U Today, kerugian ini tidak bakal berakibat bagi pelanggan lantaran dapat ditutupi dari biaya persediaan nan artinya biaya asuransi Deribit Exchange sendiri tidak bakal terkena akibat sama sekali.

Tetapi, Deribit menjadi salah satu perusahaan crypto nan paling sering diserang para hacker baru-baru ini. Pada bulan Oktober, tercatat lebih dari US$718 juta dicuri dalam waktu 2 minggu saja.

IKLAN

Saat waktu penulisan ini, situs Deribit belum bisa diakses lantaran memunculkan notifikasi “critical error on this website“. Menurut perwakilan Deribit, perihal ini tidak dipengaruhi oleh masalah deribit diretas dan keduanya tidak berhubungan. [az]