Cara Menabung Untuk Biaya Pernikahan Dengan Gaji 2 juta, Simak Ya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 20
Post ADS 1

Cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta. Siapa sih yang tidak ingin menggelar acara pernikahan dengan mewah, meriah dan menyenangkan?? 

Tentu saja menjadi impian semua orang untuk mengenang suatu momen bahagia sekali seumur hidup. Menikah di zaman sekarang ternyata perlu kita rencanakan terlebih dahulu karena untuk menikah kita juga memerlukan modal yang tidak sedikit.

Seperti yang banyak kita ketahui jika melaksanakan pernikahan tentu saja banyak tantangan yang perlu dihadapi, salah satunya adalah biaya. Maka hal itu harus kita hindari dengan apa kita menghindari nya?? Tentu saja kita perlu menyiapkan keuangan yang cukup dengan cara menabung. Bagaimana cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 jt yuk simak pembahasan lengkapnya!

Inilah Cara Menabung untuk Biaya Pernikahan dengan Gaji 2 juta

Cara Menabung untuk Biaya Pernikahan dengan Gaji 2 juta

Berikut ini beberapa cara menabung untuk modal menikah:

1. Sisihkan sebagian gaji bulanan

Kebiasaan hal buruk yang sering kita lakukan adalah tidak menyisihkan uang bulanan untuk menabung, kebiasaan kita biasanya setelah menerima gaji kita akan lebih sering untuk menghabiskannya dari pada menyisihkan.

Karena dari kebiasaan itu malah membuat kita tidak akan bisa menabung, dalam artikel ini kita akan membagikan tips cara menabung dengan menyisihkan 15 % - 20 % dari gaji bulanan.

Contoh perhitungan cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta :

Jika gaji kita Rp.2.000.000

Rp.2.000.000 X 20% = Rp.400.000,- per bulan. Nah kamu juga bisa mengajak juga pasangan kamu untuk ikut menabung dalam setiap bulannya. Jika sudah sama sama menabung dalam sebulan akan terkumpul Rp.800.000 cukup lumayan bukan?? Menabung bersama untuk tujuan bersama merupakan hal yang sangat menyenangkan bukan?? Tentu saja iya! Akan tetapi dalam menabung ini kita juga perlu niat komitmen dan konsisten agar tidak goyah dalam melakukannya.

2. Membuka buku tabungan sendiri yang diperuntukan untuk biaya pernikahan

Apabila kamu merupakan orang yang sulit menabung, maka cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta ini sangat tepat. Membuka buku tabungan sendiri untuk menabung merupakan suatu hal yang sangat baik. Guna membuka buku tabungan sendiri ini adalah agar uang operasional pribadi atau sehari hari tidak bercampur aduk dengan uang yang lainnya.

3. Membuat komitmen dengan calon pasangan

Membuat komitmen dengan calon pasangan, akan mempermudahkan kita dalam merencanakan masa depan yang baik bersamanya, dan membuat komitmen ini juga bisa untuk kita dalam mencapai sesuatu yang kita inginkan bersama. Dalam berkomitmen ini kita juga akan mempunyai tugas masing masing dalam melakukannya untuk pencapaian sesuatu cita cita yang sudah kita rencanakan sebelum menikah.

4. Atur pemasukan dan pengeluaran dalam keseharian

Selanjutnya, cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta adalah mengatur keluar masuknya uang. Ketika kita mulai merencanakan suatu keuangan guna untuk biaya pernikahan, hal utama yang perlu kita lakukan ialah mengatur pemasukan dan pengeluaran dalam keseharian kita. Mengatur pemasukan dan pengeluaran juga bisa memudahkan kita untuk menabung dalam merencanakan sebuah pernikahan.

5. Menentukan target menabung untuk biaya pernikahan

Setelah kita menyisihkan beberapa persen dari gaji untuk menabung, kita juga perlu menentukan target hari pernikahan. Agar bisa menentukan target menabung selama 1 tahun, jadi jika diperhitungkan kembali adalah Rp.800.000 x 12 = Rp.9.600.000,- tetapi balik ke tujuan awal pernikahan, kita menginginkan pernikahan yang seperti apa?? Menginginkan pernikahan yang sederhana atau yang cukup mewah. Jika terhitung diatas masih belum cukup anda bisa menentukan waktu yang lebih lama lagi.

6. Mencari penghasilan tambahan

Jika gaji Rp 2 juta/bulan dirasa cukup berat, cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Penghasilan tambahan itu bisa kita lakukan dengan mencari usaha sampingan. Akan tetapi perlu kalian ingat jika kita sudah memiliki usaha sampingan jangan sampai mengganggu pekerjaan utama.

7. Hindari membeli barang yang mahal

Ketika kita sudah memiliki tujuan untuk menikah, maka mulailah menghindari membeli hadiah mahal untuk pasangan atau hadiah mahal untuk siapapun apalagi jika hadiah tersebut hanya untuk sesuatu yang kita inginkan bukan yang kita butuhkan. Jika kita sudah menikah kita dan pasangan harus bisa memisahkan mana kebutuhan dan mana keinginan.

8. Susun anggaran biaya pernikahan

Sudah jadi kebiasaan semua orang yang akan melangsungkan sebuah pernikahan yaitu tidak mengetahui seberapa sih uang yang perlu kita keluarkan untuk acara ini dan berapa sih uang yang perlu kita keluarkan untuk menikah. Sebelum berlangsungnya acara pernikahan ini buatlah terlebih dahulu apa saja yang kita butuhkan saat menikah.

Mulai dari biaya dekorasi, rias pengantin, catering, kostum, souvenir dan biaya lain lainnya. Kamu harus bisa juga mencatat berapa harga dari setiap hal yang kita perlukan untuk biaya pernikahan. Jika kita sudah mengetahui semuanya akan lebih mudah untuk kita merencanakan biaya pernikahan itu. Cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta ini sering dilupakan calon pengantin.

9. Biasakan hidup berhemat

Selalu terapkan gaya hemat dalam melakukan sesuatu apapun, karena jika kita berfokus pada apa yang orang lain lakukan tentu akan membuat kita sulit bersyukur dengan keadaan yang kita miliki saat ini. Dan meminimalkan untuk tidak terlalu banyak membeli sesuatu yang tidak penting.

10. Meminimalisir biaya pre wedding

Cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta yang terakhir adalah meminimalisir biaya prewedding. Untuk meringankan biaya nikah, kita juga bisa meminimalisir biaya pre wedding kita juga bisa melakukan semuanya sendiri, mulai dari pemilihan fotografer. Kita juga bisa mengumpulkan foto-foto anda ketika awal pacaran hingga akan menikah bisa menjadikan foto pre wedding. Tentunya akan jauh lebih menghemat dan terjangkau. Jika dirasa tidak perlu kita juga bisa untuk tidak melakukannya.

Jadi setiap calon pasangan tentu ingin memiliki pernikahan impian yang sangat diidam idamkan. Namun, satu hal yang perlu kita ketahui, pernikahan terbaik bukan ditentukan oleh mewahnya sebuah pesta. Melainkan pernikahan terbaik ialah ditentukan oleh besarnya rasa cinta yang tercipta. Baik itu di dalam acara maupun di kehidupan setelahnya, jangan kita terjebak dengan sesuatu hal yang justru sangat merugikan kita sendiri, pasangan bahkan keluarga.

Agar impianmu segera cepat terlaksanakan, usahakan tekad niat untuk menabung mulai dari sekarang, meskipun tidak dengan biaya yang murah, namun ada beberapa cara menabung yang bisa kamu lakukan. Indahnya momen suatu pernikahan biasanya sering menimbulkan persoalan yang berkaitan dengan finansial.

Demikian penjelasan tentang cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta perbulan, beberapa cara di atas juga bisa kalian coba untuk yang akan merencanakan sebuah pernikahan. Menikah merupakan suatu kegiatan yang perlu kita buat perencanaan keuangan dengan baik. Jangan sampai sakralnya suatu pernikahan menjadi sebuah beban keuangan yang justru akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Nah, penjelasan cara menabung untuk biaya pernikahan dengan gaji 2 juta diatas bisa kalian contoh jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. Perlu diingat juga bahwa kunci utama keberhasilan menabung adalah konsistensi. Asal kamu tetap konsisten dalam menabung apapun yang kalian inginkan akan tercapai.