Bukan Nasi Goreng, Inilah 8 Olahan Nasi Sisa yang Bikin Kamu Lebih Hemat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 23
Post ADS 1

Masih punya nasi sisa semalam dalam rice cooker? Supaya tak menjadi basi, yuk bikin makanan dari olahan nasi sisa! Kalau biasanya kamu membuat nasi goreng untuk sarapan demi memanfaatkan nasi sisa semalam, sekarang saatnya kamu mencoba berbagai resep berbahan nasi yang lebih kreatif.

Olahan Nasi Sisa Selain Nasi Goreng

Tahukah kamu bahwa Indonesia menempati posisi kedua teratas di dunia sebagai penghasil sampah makanan terbanyak? Di dalamnya, nasi menduduki porsi terbanyak dari sampah makanan yang ada. Kini saatnya kamu mulai berpartisipasi dari rumah untuk mengurangi jumlah makanan yang terbuang sia-sia dengan bijak mengolah dan mengonsumsinya. Awali dari kepedulian terhadap bahan pangan yang paling sering tersisa di rumah, yaitu nasi. Yuk, simak sederet inspirasi kreatif resep nasi sisa berikut!

1. Nasi tim ayam

Untuk membuat nasi tim dari nasi matang, sebelummnya siapkan kuah kaldu dari Royco Kaldu Ayam. Lalu, tumis bahan-bahan untuk topping nasi tim dan masukkan ke dasar mangkuk tahan panas khusus nasi tim. Tambahkan nasi matang yang sudah diaduk bersama kuah kaldu dengan jumlah sepertiga dari berat nasi. Kukus hingga nasi lunak. Mangkuk tahan panas untuk nasi tim yang bisa kamu gunakan biasanya berupa mangkuk berbahan stainless, kaca tahan panas, atau mangkuk sekali pakai berbahan aluminium foil.

2. Nasi bakar teri 

Seporsi nasi bakar ikan teri siap dinikmati.Olahan nasi sisa pedas favorit, nasi bakar teri. (Foto: Shutterstock)

Buat kamu yang menyukai masakan dapur Sunda, nasi bakar teri pas banget buat kamu coba. Variasi teri asin atau olahan ikan asin lain juga bisa digunakan untuk resep ini, seperti ikan jambal, teri jengki, cumi asin, atau udang rebon. Jangan lupa sajikan bersama lalapan sayuran agar makin mantap dan komplet.

3. Cireng nasi

Kalau kamu mau mencoba resep yang agak lain dari biasanya, cireng juga bisa diolah dari nasi sisa, lho. Sebelum disatukan bersama adonan, hancurkan atau lumat nasi matang lebih dulu menggunakan sendok sayur agar tekstur nasi yang sudah hancur tersebut bisa lebih menyatu dengan adonan tapioka. Pastikan juga untuk membuat adonan cireng nasi bersama air panas agar tepung tapioka mudah larut dan tercampur dengan bumbu dan nasi. Supaya makin sedap, cocol cireng dalam sambal kecap pedas dari Bango Kecap Manis.

4. Bubur ayam Cirebon

Semangkuk bubur ayam Cirebon dan toppingKini membuat bubur ayam jadi lebih praktis. (Foto: Shutterstock)

Untuk membuat bubur ayam lebih cepat, gunakan nasi matang kemudian blender bersama air atau kaldu ayam hingga hancur. Masak hingga mendidih kemudian kecilkan api dan masak hingga menjadi bubur. Tambahkan air dan Royco Kaldu Ayam, masak hingga didapat tekstur bubur nasi yang lunak. Sajikan selalu bubur ayam bersama Bango Kecap Manis.

5. Bubur Manado

Bubur ini juga dikenal dengan sebutan bubur tinutuan. Untuk pembuatannya, selain menggunakan nasi sisa, bubur nasi ini juga bisa memanfaatkan sisa bahan sayuran yang tersedia di kulkas, seperti singkong, ubi, labu siam, jagung manis, bayam, kangkung, hingga kemangi. Cara membuatnya cukup praktis. Blender nasi sisa bersama air, lalu masak hingga mendidih. Masukkan lebih dulu bahan-bahan yang durasi memasaknya lebih lama, seperti singkong, ubi, dan labu yang sudah diiris terlebih dahulu agar lebih cepat matang. Kemudian teruskan memasaknya hingga lunak. Terakhir, baru masukkan sayuran daun sesaat sebelum bubur diangkat, karena jenis bahan ini relatif lebih cepat matang.

6. Nasi godog

Olahan nasi sisa, nasi godog dengan Bango Kecap Manis.Nasi godog khas Jawa.

Proses pembuatannya sama dengan mi godog, namun karena perbandingan nasinya lebih banyak ketimbang mi, itulah mengapa masakan ini disebut nasi godog. Resep ini pas banget buat kamu yang punya bahan-bahan sederhana di rumah seperti daging ayam, kol, tomat, dan daun bawang. Bila tak suka dengan hati ampela, kamu bisa menggunakan telur sebagai penggantinya. Bila di kulkas tersedia sayuran sisa seperti sawi, pakchoy, atau kailan, kamu juga bisa memasukkannya bersamaan dengan kol. Jadi komplet dan nggak perlu masak sayur lagi, kan?

7. Nasi tutug oncom 

nasi tutug oncom produk

Resep andalan dari Bango Kecap Manis Light ini wajib banget dicoba buat kamu yang belum pernah membuat nasi tutug oncom sendiri. Untuk menyiasati aroma oncom yang terlalu kuat, hancurkan oncom kemudian sangrai dengan sedikit minyak di atas api kecil. Sesudahnya, oncom siap disantap bersama nasi beserta bumbunya.

8. Kimbab bulgogi bayam

Saatnya bikin sendiri kimbab di rumah dengan memanfaatkan nasi sisa. Untuk bahan bulgogi, kamu juga bisa menggunakan daging ayam, udang kupas, atau filet ikan. Agar bentuknya lebih rapi, kamu juga bisa menggunakan cetakan sushi yang kini banyak dijual di banyak toko alat dapur. Biasanya cetakan ini dijual satu set dengan berbagai variasi bentuk sushi.

Selain lebih irit karena kamu nggak perlu membeli makan siang di luar rumah, mengolah bahan masakan yang tersedia di rumah hingga tak bersisa berarti kamu turut membantu mengurangi jumlah sampah makanan di Indonesia. Yuk, mulai bijak mengolah dan mengonsumsi makanan kita! Salah satunya dengan membuat olahan nasi sisa menjadi menu yang kreatif dan sedap untuk dinikmati bersama keluarga.