Berikut Ini Doa Naik Kendaraan dan Doa Menghilangkan Kecemasan Selama Dalam Perjalanan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 30
Post ADS 1

Yang namanya orang hidup tentunya kita bakal pernah alias apalagi sering melakukan perjalanan alias safar. Baik perjalanan untuk urusan bisnis, ...


Yang namanya orang hidup tentunya kita bakal pernah alias apalagi sering melakukan perjalanan alias safar. Baik perjalanan untuk urusan bisnis, bekerja, belajar, berjamu ke rumah kawan alias saudara, hingga beragama seperti haji dan umrah.
Dalam sebuah hadits, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bepergian (safar) itu adalah sebagian dari siksaan nan menghalangi seseorang dari kalian dari makan, minum dan tidurnya. Maka andaikan dia telah selesai dari urusannya, hendaklah dia segera kembali kepada keluarganya.” (HR. Bukhari, No. 1677).
Dari hadits di atas dijelaskan bahwa berjalan merupakan bagian dari siksaan. Selain berisiko lapar, haus, dan kurang istirahat, di dalam safar juga terdapat akibat kecelakaan nan bisa menyebabkan terluka bahan kematian.
Maka dari itu, agar perjalanan nan kita lakukan berbobot ibadah, maka kita perlu melaksanakannya sesuai etika Islam.
Salah satu etika perjalanan dalam Islam adalah melaksanakan sholat safar 2 rakaat terlebih dahulu. Berdasarkan hadits dari Ibnu Mas’ud, pernah datang seorang laki-laki kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata: “Ya Rasulullah, saya hendak pergi ke Bahrain untuk urusan dagang.” Lalu Rasulullah menyuruh orang itu: “Pergilah sholat 2 rakaat.” (HR. Thabrani dalam al-Kabir).
Hadits lainnya dari Mukmin bin Miqdad menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidaklah sesuatu nan sangat utama bagi seseorang nan hendak meninggalkan sesuatu pada keluarganya melampaui sholat 2 rakaat nan ada di tengah mereka jika dia hendak bepergian.” (HR. Thabrani).
Selain sholat dua rakaat, kita juga dinajurkan untuk bermohon ketika hendak menaiki kendaraan. Berikut beberapa angan naik kendaraan dan angan menghilangkan kekhawatiran selama dalam perjalanan.
Doa Naik Kendaraan dan Menghilangkan Kecemasan
1. Doa Naik Kendaraan Darat dan Udara

Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa inna ilaa rabbina lamunqolibuun.

Artinya: “Maha Suci Tuhan nan telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak bisa menguasainya, dan sesungguhnya kami bakal kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).

2. Doa Naik Kendaraan Laut
Selain darat dan udara, perjalanan juga bisa melalui laut dengan menggunakan kapal laut. Adapun angan naik kendaraan laut adalah sebagai berikut:

Bismilaahi majreehaa wa mursaahaa inna rabbi laghfuurur rahim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku betul-betul Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

3. Doa Menghilangkan Kecemasan

Allahu akbar (3x), Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa inna ilaa rabbina lamunqolibuun, allahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal birro wat-taqwa, wa minal ‘amali maa tardhoo. allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa haadzaa wathwi ‘annaa bud’ah, allahumma antash-shoohibu fis-safari wal kholiifatu fil ahli, allaahumma innii a’uudzu bika min wa’tsaa-is-safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Tuhan nan telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak bisa menguasainya, dan sesungguhnya kami bakal kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat). Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam berjalan ini, kami minta perbuatan nan meridhokan-Mu. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah kawan dalam berjalan dan nan mengurusi keluarga(ku). Ya Allah, sesungguhnya saya berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan nan menyedihkan dan kepulangan nan jelek dalam kekayaan dan keluarga.”