Berikut Cara Menghitung Weton Jodoh

Sedang Trending 1 tahun yang lalu 21
Post ADS 1

  Dalam memilih pasangan hidup memang bukanlah suatu perkara nan gampang. Karena nan namanya pernikahan merupakan ikatan nan menyatukan d...

Dalam memilih pasangan hidup memang bukanlah suatu perkara nan gampang. Karena nan namanya pernikahan merupakan ikatan nan menyatukan dua pribadi nan berbeda, jenis kelamin berbeda, kebiasaan berbeda, dua family nan berbeda, dan lain sebagainya. Dengan begitu, memerlukan pemikiran nan cukup matang untuk menentukan pasangan nan bakal mendampingi kita selamanya hingga terpisah dengan kematian.

Dalam masyarakat Jawa mempunyai kalkulasi Jawa ada sistem penanggalan nan kudu dilakukan dalam memilih pasangan nan disebut weton. Dalam kalkulasi weton jodoh, ada dua perihal nan kudu diperhatikan. Yang pertama adalah hari kelahiran calon pengantin, dan nan kedua adalah pasarannya.

Cara menghitung weton jodoh dalam menentukan pasangan maupun tanggal pernikahan bukanlah suatu hal nan sulit. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya.

Berikut tabel yang bisa digunakan dalam menghitung weton jodoh adalah sebagai berikut :

HARI

NEPTU

PASARAN

NEPTU

MINGGU

5

LEGI

5

SENIN

4

PAHING

9

SELASA

3

PON

7

RABU

7

WAGE

4

KAMIS

8

KLIWON

8

JUMAT

6

SABTU

9

Berikut simulasi cara penghitunganya :

Sebagai contoh, misalnya Anda lahir di hari Jumat Wage, maka itu artinya neptu Anda 6+4=10. Sementara itu, jika pasanganmu lahir di hari Minggu Pahing, itu artinya neptu pasanganmu 5+9=14. Setelah itu jumlahkan neptu milik Anda dan pasangan, yakni 10+14=24.

Tafsir Hasil Perhitungan Weton Jawa

Dalam primbon perhitungan Jawa, ada beberapa tafsir weton jodoh nan sering dikaitkan dengan ramalan kehidupan pasangan berasas neptu calon pengantin.

1.      Pegat

Pegat sendiri diambil dari bahasa Jawa nan artinya pisah alias berpisah. Apabila neptu calon pengantin berjumlah 1, 9, 17, 25, 23, maka itu artinya kemungkinan besar pasangan pengantin tersebut bakal berpisah alias terpisah di tengah jalan alias tidak langgeng. Pasalnya, rumah tangga dengan neptu ini bakal dihadapkan dengan beragam macam persoalan nan mengakibatkan perceraian.

2.      Padu

Dalam bahasa Jawa Padu ini artinya bertolak belakang alias pertengkaran. Jadi, pasangan pengantin dengan neptu ini bakal sering bertengkar. Karena sering mengalami pertengkaran, kemungkinan besar juga bakal mengalami perceraian. Padu sendiri mempunyai neptu 6, 14, 22, 24, 30 dan 33.

3.      Sujanan

Secara etimologis kata Sujanan mempunyai makna nan mirip dengan Padu ialah bertolak belakang. Namun, pasangan neptu ini diramalkan bakal terjadi perselingkuhan yang akhirnya mengakibatkan perceraian. Sujanan sendiri mempunyai neptu 7, 15, 23, dan 31.

4.      Topo

Menurut primbon Jawa, Topo mempunyai makna gambaran hidup manusia seutuhnya. Pasangan pengantin nan mempunyai neptu ini diramalkan bakal mempunyai banyak masalah di awal pernikahannya. Namun, seiiring dengan melangkah waktu, masalah-masalah tersebut bakal membaik selama kedua pasangan tersebut sabar dalam menghadapi semua itu. Neptu untuk Topo adalah 4, 12, 20, 28, dan 36.

5.      Ratu

Pasangan pengantin nan mempunyai neptu Ratu ini hidupnya bakal seperti seorang ratu yang memiliki banyak kekayaan dan kehidupan nan selaras serta bahagia. Keberuntungan akan selalu menaungi pasangan dengan neptu 2, 10, 18, 26, dan 34 ini.

6.      Tinari

Pasangan pengantin dengan neptu Tinari ini biasanya bakal hidup senang dengan perekonomian nan mapan. Adapun neptu untuk Tinari ini adalah 5, 13, 21, dan 29.

7.      Pesthi

Neptu Pesthi ini menjadi kemauan setiap pasangan pengantin. Pasalnya, pasangan pengantin dengan neptu Pesthi ini hidupnya bakal senang bumi dan akhirat. Neptu Pesthi sendiri adalah 8, 16, 25, dan32.