Agar Berkembang, Begini Cara Budidaya Ikan Mas Dalam Ember

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 22
Post ADS 1

Apa Sih budikdamber itu?? Sudah taukah kamu apa itu budikdamper?? Budikdamper adalah budidaya ikan dalam ember teknik budidaya ini bisa dilakukan dimana saja sesuai keinginan anda. Nah, kali ini kita akan bahas tentang budidaya ikan mas dalam ember.

Biasanya ikan yang sering dibudidayakan adalah ikan lele, akan tetapi sebenarnya banyak sekali ikan yang bisa dibudidayakan salah satunya ikan mas. Budidaya ikan mas dalam ember ini cocok untuk anda yang kebetulan tinggal dikota atau perkarangan yang sangat sempit.

Apakah Budidaya Ikan Mas Itu Sulit?

Budidaya ikan mas ini juga tidak sesulit seperti yang dibayangkan terutama saat proses pembesaran. Proses pembesaran ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan banyak air, ditempat yang sempit pun anda juga bisa membudidaya ikan mas ini, bahkan memakai ember pun saja sudah bisa membudidayakannya.

Anda ingin membudidaya ikan mas tetapi tidak mempunyai lahan yang luas??? Tenang saja karena anda juga bisa budidaya ikan mas ini dirumah menggunakan ember yang sering kalian pakai di rumah. Cara budidaya ikan mas ini bisa dilakukan dimana saja budidaya ikan di ember ini lebih sering disebut dengan Budikdamber atau budidaya ikan dalam ember.

Inilah Cara Budidaya Ikan Mas Dalam Ember

Sudah tahukah kamu bagaimana cara membudidaya ikan mas ini?? dan bagaimana cara menjalankannya ?? yuk simak penjelasan cara membudidaya ikan berikut ini :

1. Persiapan budidaya ikan mas di ember

Sebelum anda memulai membudidaya ikan mas ini anda perlu melakukan persiapan beberapa alat dan bahan. Contoh alat dan bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Ember yang berukuran 100 L
  • Bibit ikan mas yang berukuran 6 sampai 10 cm sebanyak 100 ekor atau bisa kurang
  • Bibit kangkung
  • Kawat kecil yang mudah bengkok
  • Tang
  • Arang atau batu apung
  • Dan gelas plastik
  • Langkah memulai pemeliharaan

Setelah semua alat dan bahan siap, ikuti cara budidaya ikan mas dalam ember dibawah ini :

  1. Pertama siapkan gelas plastik dan lubangi bagian bawah dengan menggunakan solder atau paku yang telah dipanaskan, guna untuk menyerap air saat ditanami kangkung.
  2. Lalu potong kawat yang telah disiapkan sekitar 15 cm dan bentuk seperti huruf U agar mudah dikaitkan ke ember
  3. Berikutnya, cara budidaya ikan mas dalam ember dengan isi gelas plastik dengan beberapa bibit kangkung yang telah dilubangi tadi dan usahakan pilih bibit kangkung yang masih ada akarnya.
  4. Setelah mengisi gelas plastik dengan bibit kangkung, isi gelas dengan arang. Ingat, isi arang cukup setengah gelas plastik saja.
  5. siapkan ember yang telah diisi dengan air jangan terlalu penuh, lalu diamkan 2 hingga 3 hari supaya suhu air stabil.
  6. Setelah air didiamkan berikutnya masukkan bibit ikan mas yang ingin dibudidayakan ke dalam ember. Satu ember bisa diisi 50 hingga 100 ekor bibit ikan mas.
  7. Jangan lupa cantolkan kangkung di pinggiran ember dan usahakan bagian bawah gelas terendam air sampai setengahnya.
  8. Kangkung yang Anda tanam bisa dipanen beberapa kali. Cara memanen tinggal dipetik di bagian tunasnya saja.

Penjelasan diatas merupakan cara budidaya ikan mas dengan menggunakan ember, akan tetapi selain menggunakan ember masih banyak cara lainnya. Anda juga bisa menggunakan aquarium, terpal, kolam, atau yang lainnya.

Ada Pula beberapa jenis ikan mas yang sering dibudidayakan.

2. Jenis-jenis ikan mas yang sering dibudidayakan

Ikan mas merah

Ikan jenis ini umumnya dijadikan sebagai ikan hias, tapi bisa juga dibuat santapan yang lezat

Ikan mas punten

Ikan mas ini dikembangkan di desa punten kota batu. Ikan mas ini lebih pendek dibanding dengan jenis lainya.

Ikan mas taiwan

Bentuk ikan mas ini lebih pendek akan tetapi sedikit lebih panjang, dan ikan ini juga berasal dari negara taiwan sesuai dengan namanya.

Ikan mas sinyonya

Ikan ma sini memiliki julukan putri yogya salah satu alasan kenapa ikan ini dijuluki sinyonya karena katanya ikan ini mudah sekali bertelur, dengan ikan berwarna kuning seperti kulit jeruk.

Ikan mas majalaya

Ikan Majalaya pertama dikembangkan di daerah Majalaya Bandung. Ikan ini memiliki kemiripan dengan Sinyonya sehingga sering dikawinkan demi menghasilkan keturunan yang bagus dan unggul.

Ikan mas lokal

Ikan inilah yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Akan tetapi banyak yang bilang ikan ini bukanlah termasuk ras ikan mas, tapi ikan ini memiliki yang mirip dengan ikan mas.

Ikan mas yamato

Ikan mas ini adalah ikan yang berasal dari jepang bukan di jepang saja di negara kita juga indonesia sudah ada dan sering kita jumpai, keunggulan ikan ini adalah dapat hidup didaerah yang bersuhu dingin atau hangat

3. Keuntungan dan kerugian budidaya ikan mas dalam ember

Sebelum anda memulai ternak anda juga perlu mengetahui keuntungan keuntungan budidaya ikan mas ini. Keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah permintaan minat dipasaran yang sangat tinggi.

Di Indonesia juga ikan mas merupakan salah satu ikan yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Kandungan gizi ikan didalamnya sangat lengkap ada kalsium, zat besi, protein, dan vitamin B1. Pengolahan ikan ini pun sangat beragam, bisa dimasak dijadikan sup, digoreng, dibakar dan lainnya.

Bagaimana mungkin banyak orang yang membudidayakan ikan jika tidak ada keuntungan dalam prosesnya, pasti banyak keuntungannya. Sekarang juga banyak warung pinggir jalan atau rumah makan yang sudah menjajakan ikan mas ini.

Keuntungan dalam membudidaya ikan mas dalam ember ini adalah jika kita menjual ikan tersebut dengan harga 30.000 hingga 50.000 per kilo maka kita sudah melihat keuntungan dari penjualan tersebut harga pun dapat berubah tergantung bagaimana kondisi di pasar. Harga jual tersebut juga sudah sangat tinggi apalagi jika saat panen, apalagi jika kita memasarkan dengan baik maka keuntungan pendapatan pun sangat besar.

Akan tetapi budidaya ikan mas juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah sudah banyaknya para pengusaha budidaya ikan yang turun di bisnis budidaya ikan mas dalam ember ini sehingga pesaingnya banyak. Namun anda tak perlu berkecil hati karena semua orang sudah memiliki garis rezekinya masing masing, jika di lingkup sekitar anda sudah banyak yang memulai bisnis ini, anda juga bisa mencari lagi tempat yang belum ada orang menjual atau membudidayakan ikan mas ini.

Sebelum anda mencoba untuk membudidaya ikan ini sebaiknya anda juga perlu memahami bagaimana cara memelihara dan sesuaikan budget yang anda miliki, apabila dalam tahap percobaan diatas sudah kita jelaskan bagaimana cara membudidayakan ikan mas untuk pemula dan untuk orang yang tidak memiliki lahan yang luas.

Demikianlah penjelasan informasi cara membudidaya ikan mas dalam ember, terkadang banyak yang menganggap usaha budidaya ikan ini sepele namun nyatanya jika kita benar dalam membudidayakannya maka hasil itu akan terlihat sangat memuaskan asal juga kita melakukannya dengan telaten dan sabar. Sekian penjelasan diatas semoga bermanfaat dan semoga memberikan inspirasi untuk anda yang ingin terjun dalam bisnis budidaya ikan mas ini.