9 Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta Agar Tidak Boros

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 20
Post ADS 1

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta perlu diketahui banyak orang terutama para kawula muda. Mengatur sebuah keuangan merupakan hal yang wajar dilakukan dalam keseharian, meski ada orang yang bilang uang bukanlah segalanya akan tetapi tak bisa dipungkiri juga jika hidup kita tak akan bisa lepas begitu saja dengan uang.

Itulah alasannya orang orang pergi bekerja setiap hari guna mendapatkan uang. Namun selain menghasilkan uang hal yang tidak kalah penting dalam hidup adalah bagaimana cara kita bisa mengatur uang itu sendiri.

Cukupkah Gaji 2 Juta untuk Memenuhi Kebutuhan?

Tak akan peduli seberapapun uang yang kita dapatkan jika kita tidak bisa memanajemen keuangan itu sendiri dengan baik. Maka uang tersebut tidak akan pernah cukup bahkan kita akan selalu merasa kurang.

Mengatur keuangan juga sudah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita semua. Terlebihnya jika kita memiliki pendapatan yang terbilang sangat pas pasan atau cukup contoh dengan penghasilan kita perbulan hanya Rp.2.000.000. Dengan jumlah keuangan tersebut anda mungkin akan sering berfikir bagaimana cara agar kita dapat mengelolanya dengan baik.

Mau kita mendapatkan gaji seberapapun, mengatur keuangan itu sangat penting selain kita bisa mengontrol untuk kebutuhan sehari hari. Mengatur keuangan juga bisa dipergunakan untuk mempersiapkan masa depan yang akan datang.

Terkadang ada yang bilang bahwa gaji kecil sangat sulit untuk mengatur keuangan tak bisa dipungkiri juga sekarang masih banyak pekerja yang memiliki gaji yang sangat minim, akan tetapi bagi sebagian orang lainnya mungkin gaji Rp.2.000.000 sudah cukup untuk membiayai kehidupan sehari hari.

Inilah Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta

Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta

Lalu bagaimana cara mengatur uang dengan gaji 2 juta??? Apakah bisa dengan uang 2 juta semua kebutuhan sehari hari tercukupi?? Tentu saja bisa yuk kita ulas tips mengatur keuangan gaji 2 juta satu persatu berikut ini :

1. Buat laporan keuangan

Cara mengatur keuangan dengan gaji 2 jt yang pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat laporan keuangan, membuat laporan keuangan bukan hanya diperuntukan saat kita mempunyai bisnis saja, akan tetapi laporan keuangan juga bisa kita gunakan bagi pengelolaan keuangan secara pribadi.

Dengan adanya laporan keuangan semua aktivitas pemasukan dan pengeluaran akan terlihat, yang terpenting adalah kita perlu mencatat setiap kali melakukan pembelian apapun. Dan kita juga harus bisa memisahkan pengeluaran tetap dan pengeluaran yang tidak tetap.

Contoh pengeluaran tetap :

  • Cicilan kendaraan
  • Biaya asuransi
  • Tagihan listrik, air, internet atau lainnya

Contoh pengeluaran tidak tetap :

  • Biaya makan sehari hari
  • Biaya liburan
  • Uang transport dan lainnya

2. Mengurangi pengeluaran yang tidak begitu diperlukan

Tips mengatur keuangan gaji 2 juta berikutnya adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak begitu penting, semua pengeluaran ini akan terlihat jika kita sudah membuat catatan atau membuat laporan keuangan.

Contoh pengeluaran yang tidak begitu penting ialah :

  • Jika kita memiliki tv langganan sebaiknya juga kita perlu memberhentikannya
  • Langganan koran dan lainnya

3. Hidup sehat

Hidup sehat juga merupakan tips mengatur keuangan gaji 2 juta. Saat ini juga banyak masyarakat yang melakukan pola hidup yang tidak sehat, gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat sering kita temui misalnya, merokok, begadang, minum minuman keras, dan bekerja tak kenal waktu dan lainnya. Penyakit itu bisa menjadi salah satu faktor pengeluaran yang tidak terduga yang bisa mengecoh keuangan.

Contoh penerapan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan :

  • mengonsumsi makanan sehat
  • Makan makanan sehat
  • Istirahat dan tidur yang cukup.
  • Lakukan rutinitas olahraga atau gerak aktif.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Penuhi asupan vitamin dan mineral tubuh.
  • Berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol.
  • Banyak minum air putih.
  • Menjaga lingkungan kebersihan tempat tinggal sekitar.

Kalau kita menjalani kehidupan yang sehat maka contohlah penerapan pola hidup diatas dan hindarilah jika perlu dihindari.

4. Membayar tagihan tepat waktu

Selanjutnya tips mengatur keuangan gaji 2 juta adalah membayar tagihan on time. Untuk biaya pembayaran tagihan jika anda mempunyai tagihan segeralah untuk membayar dan tidak menunda pembayaran tersebut. Jika anda terlambat juga kita akan mengeluarkan uang lebih untuk membayar dendanya maka dari itu hindarilah pembayaran yang tidak tepat waktu.

5. Berbelanja yang baik dan cerdas

Berbelanja merupakan hal yang menyenangkan bukan?? Apalagi setelah kita menerima gaji tentunya kita pun ingin membeli segala sesuatu yang menarik perhatian kita. Ketika kita ingin memanajemen keuangan kita hal berbelanja ini juga perlu kita hindari, dengan maksud bukan tidak memperbolehkan untuk berbelanja akan tetapi ber belanjalah sesuai kebutuhan bukan keinginan.

6. Mencatat semua pengeluaran

Berikutnya, tips mengatur keuangan gaji 2 juta adalah dengan mencatat semua pengeluaran. Dengan mencatat semua pengeluaran anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan dan keuangan kita pun akan lebih tertata. Meskipun gaji kita hanya Rp.2.000.000 anda juga perlu melakukan pencatatan pengeluaran sekecil apapun pengeluaran itu wajib kalian catat.

7. Alokasikan gaji dengan tepat

Dalam mengelola keuangan atau mengatur keuangan kita juga harus bisa mengalokasikannya. Anda bisa menggunakan metode 50/30/20 yaitu 50% sebagai alokasi kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, 20% untuk investasi, atau juga anda bisa menggunakan alokasi 80% gaji untuk kebutuhan pokok dan 20% gaji untuk tabungan.

Dengan contoh Anda mengalokasikan Rp.1.500.000 untuk biaya listrik, air, transport dan uang makan. Selanjutnya kita membagi Rp.500.000 untuk tabungan atau investasi. Dengan hal itu kita bisa memenuhi kebutuhan pokok dan untuk menyimpan dana darurat.

8. Buat daftar belanja bulanan

Setiap melakukan belanja, kita harus menyiapkan daftar belanja bulanan agar tidak mengeluarkan uang lebih dari penghasilan bulanan. Membuat daftar belanja bulanan ini akan dapat memudahkan kita dalam berbelanja sesuai dengan pengeluaran yang kita butuhkan.

Dalam perihal ini anda juga hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan yang sudah terdaftar dalam catatan tersebut. Sebisa mungkin kita bisa menghindari atau mengurangi penggunaan uang secara berlebihan. Tips mengatur keuangan gaji 2 juta ini tidak boleh ditinggalkan.

9.Bedakan apa itu keinginan dan apa itu kebutuhan

Sekarang juga banyak orang yang cukup sulit untuk membedakan mana keinginan atau kebutuhan, keinginan dan kebutuhan merupakan dua hal yang sangat berbeda. Jika kita tidak bisa mengontrol pengeluaran itu maka kita akan menjadi berhutang. Oleh sebab itu, kita harus bisa membedakan apa itu kebutuhan dan apa itu pengeluaran.

Membuat daftar belanja bulanan ini akan dapat memudahkan kita dalam berbelanja sesuai dengan pengeluaran yang kita butuhkan. Dalam perihal ini anda juga hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan yang sudah terdaftar dalam catatan tersebut. Sebisa mungkin kita bisa menghindari atau mengurangi penggunaan uang secara berlebihan. Itulah tips mengatur keuangan gaji 2 juta.

Kesimpulannya bahwa gaji 2 juta itu akan cukup jika kita mengelola keuangan tersebut dengan baik. Kita juga bisa mengoptimalkan suatu penghasilanmu dan memenuhi kebutuhan sehari hari dengan menetapkan prioritas yang pasti, alokasi gaji yang tepat, mencatat semua pengeluaran, menabung sampai berinvestasi.

Demikian ulasan tentang tips mengatur keuangan gaji 2 juta, semoga cara diatas bisa bermanfaat mulailah mengatur keuangan dari sekarang. Salam sukses dari blog bisnisan.id.