7 jenis potongan gaji karyawan-karyawan dalam perusahaan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu 21
Post ADS 1

 7 jenis potongan penghasilan karyawan-karyawan dalam perusahaan


Bagi para pekerja momen datangnya penghasilan memang menyenangkan untuk ditunggu. Tapi tahukah penghasilan nan diterima sebenarnya tidak utuh ? Karena ada potongan nan dilakukan oleh perusahaan.

Memang betul penghasilan tidak bakal diterima 100 % lantaran kudu dipotong untuk keperluan regulasi nan diatur dalam undang-undang.

Berikut ini adalah jenis potongan penghasilan di perusahaan:

Potongan Pajak Penghasilan

Setiap penduduk negara bertanggung jawab untuk membayar pajak, dan pajak tersebut bisa dipotong dari duit gaji. Potongan pajak penghasilan bakal langsung dipotong pada saat tanggal gajian. Untuk menentukan seberapa besar jumlah pajak nan perlu dibayarkan dipengaruhi oleh: jumlah gaji, tunjangan, penghasilan tidak kena pajak dan lainnya. Umumnya semakin besar jumlah penghasilan bakal berbanding lurus dengan pajak.

Potongan Iuran Jaminan Sosial

Gaji pekerja juga bisa dipotong jika menggunakan asuransi sosial seperti BPJS ketenagakerjaan. Iuran bakal otomatis dibayarkan perusahaan saat gajian. Manfaatnya adalah pekerjaan bisa mendapatkan agunan kerja seperti: Jaminan Hari Tua, Jaminan kecelakaan kerja, Jaminan Melahirkan dan Jaminan Pensiun.

Dalam patokan BPJS KESEHATAN, pekerja hanya perlu menanggung 1 persen dari haji nan diterapkan, sementara sisanya dilunasi oleh perusahaan. Sementara untuk BPJS KETENAGAKERJAAN, pekerja hanya menanggung 3% dan 6 % sisanya dilunasi perusahaan. 

Potongan Kelebihan Upah

Potongan ini berkarakter situasional, misalnya pada saat penghasilan tenaga kerja lebih tinggi daripada bayaran nan sebenarnya, maka dibulan berikutnya perusahaan bakal melakukan potongan gaji.

Potongan Utang Karyawan

Ada perusahaan nan memperbolehkan karyawannya untuk berhutang, dengan pelunasannya dilakukan dengan langkah memotong penghasilan mereka. Pemotongan dilakukan sampai hutang terlunasi semua.

Potongan Ganti Rugi Perusahaan

Potongan ini juga bertindak pada kondisi tertentu, ialah saat tenaga kerja melakukan pelanggaran maka sebagai hukumannya, perusahaan bakal mengurangi penghasilan tenaga kerja tersebut sesuai dengan berat pelanggaranya.

Potongan Karena Unpaid leave

Unpaid leave adalah libur nan diambil pekerja diluar libur nan dilakukan oleh perusahaan. Jika ini dilakukan maka konsekuensinya pekerja kudu menerima pemotongan bayaran senilai dengan waktu libur nan dia dapatkan.

Potongan Sewa Rumah alias Barang

Ada perusahaan nan menyewa rumah alias peralatan nan digunakan untuk karyawannya. Untuk membiayai operasional perihal tersebut, perusahaan bakal memotong dari bayaran karyawan.