5 TANDA KIAMAT KUBRA SESUAI AYAT QURAN DAN HADIST SHAHIH

Sedang Trending 6 bulan yang lalu 21
Post ADS 1

Kiamat dalam Islam terdapat dua ialah hariakhir sugra dan kubra. Kiamat kubra mempunyai pengertian sebagai hariakhir besar nan ditandai dengan h...

Kiamat dalam Islam terdapat dua ialah hariakhir sugra dan kubra. Kiamat kubra mempunyai pengertian sebagai hariakhir besar nan ditandai dengan hancurnya dunia. Salah satu ketaatan kepada Allah SWT ialah mempercayai hari kiamat.

Kiamat kubra telah dijelaskan dalam Al-Quran, hadist dan ijma’. Pada Quran surat Al-Hajj telah dijelaskan jika hariakhir bakal datang :

“Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah bakal membangkitkan siapa pun nan di dalam kubur”. (QS Al Hajj {22}:7)

Untuk itu ada beberapa tanda kiamat kubra :

1. Munculnya Dajjal

Tandanya hariakhir kubra bakal datang ialah munculnya Dajjal. Dajjal merupakan manusia nan mempunyai penglihatan satu pada mata sebelah kiri dan jika umat muslim nan beragama bakal memandang tulisan arab ‘dajjal’ pada keningnya. Dajjal si nabi tiruan nan bakal menyesatkan umat manusia dan bakal mengakui bahwa dia adalah tuhan.

Rasulullah telah berfirman :

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya hariakhir nan fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim).

2. Munculnya Imam Mahdi

Pada saat akhir hidup dunia, semua umat muslim bakal dipimpin oleh Imam Mahdi. Telah diriwayatkan oleh Rasulullah SAW :

يَخْرُجُ فِي آخِرِ أُمَّتِي الْمَهْدِيُّ يَسْقِيهِ اللَّهُ الْغَيْثَ، وَتُخْرِجُ الْأَرْضُ نَبَاتَهَا، وَيُعْطِي الْمَالَ صِحَاحًا، وَتَكْثُرُ الْمَاشِيَةُ وَتَعْظُمُ الْأُمَّةُ، يَعِيشُ سَبْعًا أَوْ ثَمَانِيًا، يَعْنِي حِجَجًا

Artinya: "Imam Mahdi bakal keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, bakal menumbuhkan tanaman di muka bumi, kekayaan bakal dibagi secara merata. Binatang ternak bakal semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 alias 8 tahun." (HR Al Hakim).

Pasukan Imam Mahdi nantinya bakal dikepung oleh pasukan Dajjal di Bayt al Maqdis lampau Imam Mahdi bakal bermohon kepada Allah SWT untuk meminta pertolongan.

3. Turunnya Nabi Isa AS dari Langit

Setelah angan dari Imam Mahdi kepada Allah SWT untuk meminta pertolongan, maka Allah SWT menurunkan Nabi Isa AS dari langit keempat bersama 70 ribu malaikat untuk membantu pasukan pemimpin Mahdi membunuh Dajjal. Kejadian ini pun telah dijelaskan pada Quran surat An-nisa :

وَإِنْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِ قَبْلَ مَوْتِهِ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

Artinya: "Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beragama kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) bakal menjadi saksi mereka." ( QS An-nisa: 159 )

4. Munculnya Ya'juj dan Ma'juj

Ya’juj dan ma’juj adalah dua suku nan bakal menimbulkan kerusakan di dunia. Makhluk ini sangat kuat dan mempunyai jutaan pasukan. Mereka akan membunuh apa saja nan dilihatnya. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj ini datang setelah peristiwa terbunuhnya Dajjal dan bumi menjadi tempat nan damai. Ya’juj dan Ma’juj dikisahkan didalam Al-Quran surat Al-Anbiya :

حَتَّىٰ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ

Artinya: "Hingga andaikan (tembok) Yakjuj dan Makjuj dibukakan dan mereka turun dengan sigap dari seluruh tempat nan tinggi." ( QS Al-Anbiya:96 )

Ya’juj dan Ma’juj ini dikalahkan oleh Nabi Isa dan Imam Mahdi atas izin dari Allah SWT di bukit Thur.

5. Hancurnya Kakbah

Setelah Ya'juj dan Ma'juj terkalahkan, munculnya Tentara Habasyah. Pasukan ini merupakan pasukan berbangsa Habsyi nan mempunyai dua kaki yang sangat kecil. Pasukan ini mempunyai misi untuk menghancurkan kabah agar umat muslim tidak bisa menunaikan ibadah Haji. Hal itu sesuai dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Sa'id Al Khudri RA,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى لاَ يُحَجَّ البَيْتُ

Artinya: "Hari hariakhir tidak bakal terjadi sebelum Kakbah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji." (HR Hakim dan Abu Ya'la).

Diceritakan pasukan ini sukses menghancurkan Kabah setelah wafatnya Nabi Isa AS. Namun kebenaran ini hanya Allah SWT nan tahu.

Itulah 5 tanda hariakhir kubra. Salah satu percaya kepada hari kiamat agar kita umat muslim beramai-ramai mencari pahala untuk bekal di akhirat kelak.