5 Resep Olahan Singkong Kekinian Untuk Variasi Camilan Enak Non Tepung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 25
Post ADS 1

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Oktober 3, 2022
Singkong goreng dengan saus mayo pedas untuk ide resep olahan singkong kekinian.

Aneka resep olahan singkong kekinian wajib coba. (Foto: Shutterstock)

Sedang mencari resep camilan enak tanpa tepung? Resep olahan singkong kekinian ini bisa jadi salah satu pilihan buat kamu yang sedang diet konsumsi tepung. Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang mudah didapat dengan harga yang juga ekonomis. Selain akrab sebagai camilan, umbi-umbian yang juga sering disebut sebagai ubi kayu ini kerap digunakan sebagai pilihan sumber karbohidrat pengganti nasi selain umbi-umbian lain, yaitu kentang, talas, dan ubi-ubian. Buat kamu yang belum tahu, singkong juga termasuk ke dalam kategori karbohidrat kompleks, yaitu jenis karbohidrat yang mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk tubuh. Selain mendapat kebaikannya, konsumsi singkong juga berarti  menghargai hasil panen dari para petani singkong. Dengan begitu kamu juga turut mendukung keberagaman pangan lokal.

Resep Olahan Singkong Kekinian Wajib Coba

Sebelum mulai mencoba olahan singkong modern ini, awali dari memilih singkong berkualitas baik. Singkong yang sedap diolah ditandai dengan kulit luarnya mengelupas, dan terlihat kulit ari berwarna merah muda. Ciri tersebut menandai usia singkong yang tidak tua dan rasanya juga empuk. Kalau sudah mendapat ubi kayu yang bagus ini, sebaiknya segera diolah agar tekstur singkong tidak kering. Yuk, mulai pilih aneka olahan singkong kekinian berikut ini untuk kamu coba segera!

Singkong Keju Mekar Krispi 

singkong keju mekar sajiResep olahan singkong kekinian ini pas banget buat kamu yang sedang diet tepung. (Foto: MAHI)

Cemilan singkong modern ini berbeda dengan singkong goreng biasa. Singkong direbus terlebih dahulu sehingga teksturnya lebih empuk hingga ke bagian dalamnya. Sesudah direbus, singkong kemudian digoreng hingga permukaan kulitnya mekar atau merekah. Cocol singkong dengan Jawara Saus Sambal agar makin mantap.

Keripik Singkong Salsa

Kalau tak ingin repot, kamu cukup membeli keripik singkong siap santap yang biasa diproduksi oleh industri rumahan. Keripik singkong ‘polos’ yang kadang hanya dibubuhi garam dan gula ini sangat pas dipadukan dengan cocolan salsa dan saus guacamole. Dengan sepiring keripik singkong dan dua cocolannya ini, kamu sudah bisa menikmati camilan dengan sentuhan cita rasa Meksiko dengan harga jauh lebih ekonomis.

Combro Isi Oncom Sambal Kemangi 

Hasil masak resep combro sedang dinikmati.Hangat dan renyah, combro selalu tak pernah gagal bikin ngiler! (Foto: MAHI)

Gunakan chopper atau food processor dengan bilah pisau tajam kalau tak ingin bersusah payah memarut singkong kupas. Potong-potong singkong sebelum dimasukkan ke dalam chopper agar proses menghancurkan singkong lebih cepat dan mudah. Tumis sambal oncom kemangi hingga kandungan airnya hampir habis agar lebih mudah diisi ke dalam adonan combro.

Kecimpring Singkong Pedas

Kecimpring singkong pedas akan dinikmati.Kecimpring renyah dengan rasa pedas manis. (Foto: MAHI)

Yang ini cocok banget buat camilan pedas nagih yang bisa disantap bareng keluarga atau teman sambil nonton. Goreng kecimpring mentah dan tiriskan agar kecimpring tak terlalu berminyak. Untuk melengkapi nutrisi vitamin C harian kamu, sajikan kecimpring singkong pedas ini bersama kesegaran jus buah alami dari Buavita Orange.

Singkong Keju Saus Mayo Pedas

Mirip dengan singkong keju mekar krispi, resep singkong keju saus mayo pedas ini memadukan Hellmann’s Real Mayonnaise dan Jawara Saus Sambal Extra Hot sebagai cocolannya. Singkong garing keju dengan bumbu Royco Kaldu Ayam dicocol dengan saus mayo pedas dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Setuju, kan? Jangan lupa untuk menyajikannnya selagi hangat agar makin mantap.

Jadi kepingin coba semua resep olahan singkong kekinian tadi, kan? Semuanya sedap disajikan bersama jus buah segar Buavita atau pilihan teh berkualitas dari SariWangi. Yuk, bikin aneka olahan singkong kekinian untuk ide snack di rumah!