5 Olahan Jamur Tiram serta Tips Memasaknya Agar Terasa Lebih Lezat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 28
Post ADS 1

Jamur merupakan salah satu bahan makanan favorit yang bervariasi macamnya, beragam pilihan harganya, enak rasanya, dan fleksibel cara mengolahnya. Ada banyak koleksi resep yang kamu bisa coba dari Masak Apa Hari Ini, dan khusus kali ini, bintangnya adalah olahan jamur tiram! Nah, kalau kamu penggemarnya, mari kenalan lebih jauh serta ketahui tips membeli dan mengolah jamur tiram! Bonus, ada juga aneka resep pilihan untuk kamu coba!

Jenis Jamur Tiram dan Cara Memilihnya

Bisa ditebak mengapa dinamai jamur tiram, yaitu karena warnanya yang putih dan bentuknya yang seperti tiram atau kerang. Di pasaran, jenis pearl oyster yang berukuran sedang harganya terjangkau dan mudah ditemukan. Diikuti kemudian oleh king oyster yang ukurannya lebih besar, sesuai dengan namanya. Karena ukurannya ini, tak heran bila king oyster bertekstur lebih kenyal seperti daging, sehingga cocok digunakan untuk masakan vegetarian selain menggunakan jenis jamur shiitake. Umumnya jamur tiram punya cita rasa manis dan “rasa kayu” yang khas berasal dari habitat aslinya, yaitu batang pohon di alam terbuka.

Bagi kamu yang ingin membeli jamur tiram, cara memilih yang terbaik kurang lebih sama seperti memilih jamur pada umumnya. Jamur segar dapat dilihat dari warnanya yang masih terang, tiadanya titik-titik hitam, teksturnya masih kenyal, tidak berlendir ataupun berbau tak sedap. Cek tanggal produksinya bila membeli secara online ataupun di supermarket. Setelah dibeli, sebaiknya jamur tiram langsung diolah dalam waktu dekat.

Tips Agar Olahan Jamur Tiram Lebih Lezat

Karena habitatnya yang tidak bersentuhan dengan tanah, maka jamur tiram sebetulnya tidak perlu dicuci. Minimal, kamu bisa menggunakan tisu dapur untuk membersihkan permukaannya. Tapi kalau tetap ingin mencucinya, sebaiknya segera diolah, ya. Selanjutnya, siangi jamur tiram dengan baik agar tidak tersisa bagian badannya yang keras. Jamur punya sifat menyerap air dan perlu dimasak agak lama agar airnya tuntas keluar. Tujuannya adalah agar cita rasa jamur menjadi maksimal. Saat dimasak pun tidak boleh berjejalan di atas wajan, karena hanya akan menjadikannya semakin lembek dan basah.

Tekstur jamur tiram yang kenyal berdaging serta punya rasa manis menjadikannya pas diolah secara ringan dalam menu tumisan ataupun sup. Opsi lainnya, jamur tiram juga bisa dimarinasi serta dimasak dengan cara dipanggang. Untuk lebih lengkapnya, kamu perlu cek resep-resep berikut dan segera nikmati keunikan rasanya yang bikin nagih!

Kreasi Jamur Tiram untuk Akhir Pekan

1. Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Untuk memasaknya, kamu perlu memblansir jamur terlebih dahulu hanya dalam waktu yang singkat saja. Pastikan untuk meniriskannya terlebih dahulu sebelum dimarinasi dan dipanggang. Proses meniriskan tadi penting untuk dilakukan agar kadar air dalam jamur menjadi berkurang. Setelah dimarinasi dengan bawang putih dan Bango Kecap Manis, diamkan dahulu dalam kulkas agar rasanya lebih meresap. Lakukan ini selama 15 menit saja atau paling lama satu jam. Selanjutnya, tusukkan jamur tiram dengan tusuk sate, buat bumbu kacang, olesi, dan panggang. Sajikan selagi hangat sebagai menu camilan ataupun didampingi nasi hangat.

Cek resep sate jamur tiram dan coba membuatnya untuk akhir pekan!

2. Rendang Kentang Jamur

Resep rendang dengan menggunakan plant-based ingredients menjadikan menu ini terjangkau secara harga dan juga lebih sehat. Tiga bahan utamanya yaitu kentang, jamur, serta kacang merah, semua memiliki nilai nutrisi tinggi dan saling melengkapi. Siapkan bumbu halus yang dibuat dari cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang, jahe, dan ketumbar. Tumis bumbu halus dengan seperti kapulaga, cengkih, pekak, kunyit, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, dan tentunya – asam kandis. Masak dengan bahan utama dan santan hingga menyusut sehingga bumbunya meresap dan menjadi pekat.

Cek resep rendang kentang jamur dari Masak Apa Hari Ini!

3. Pempek Dos

Sepiring pempek dos di piring putih dengan sendok garpu.Hasil dari mencoba resep pempek dos yang kenyal dan lezat dengan cuko pedas manis. (Foto: Shutterstock)

Olahan jamur tiram berikut ini tidak menggunakan ikan, karena bahan baku utama pempek dos sesungguhnya adalah tepung sagu dan disajikan dalam bentuk direbus atau digoreng. Peranan jamur tiram yang di-blender pada resep adalah sebagai penyumbang rasa umami pada adonan pempek yang juga berisikan tepung sagu, tepung terigu, dan tepung beras. Lengkapi dengan bawang putih, garam, dan kaldu bubuk dan buat menjadi adonan. Setelah kalis, isi dengan telur yang sudah dikocok, dan pempek dos siap untuk direbus. Bisa disantap langsung ataupun digoreng lagi, yang jelas jangan lupa membuat cuko-nya, ya!

Cek resep pempek dos kuah kecap ini!

4. Tumis Jamur Siram Daging Sapi

Yang namanya resep tumisan, prosesnya singkat dan cita rasanya tetap menggugah selera. Cukup tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan daging sapi, jamur tiram, cabai, dan bumbui dengan Royco Kaldu Sapi dan Royco Saus Tiram. Terakhir, kamu cukup menambahkan paprika dan bawang bombay. Aduk hingga semua matang dan sajikan selagi hangat.

Cek resep tumis jamur siram daging sapi di sini!

5. Oseng Kacang Panjang Jamur Tiram

Masih berkutat seputar resep tumisan yang mudah dan lezat, kali ini paduan jamur tiram adalah kacang panjang yang renyah dan rumahan banget. Tumis dahulu bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, dan cabai merah hingga harum, lalu masukkan kacang panjang. Terakhir, baru masukkan jamur tiram, garam, dan Royco Kaldu Jamur. Super mudah!

Cek resep oseng kacang panjang jamur tiram berikut ini!

Dengan berbagai tips dan trik dari cara memilih jamur yang segar hingga ide-ide olahan jamur tiram yang seru tadi, sekarang kamu sudah lebih percaya diri untuk mencobanya, dong. Yuk, segera siapkan daftar belanjaan, pastikan untuk tidak boros berbelanja agar menghindari food waste, lengkapi segala kebutuhan kamu untuk masak-masak saat weekend, dan selamat mencoba!