5 Makanan Khas Bangka Belitung untuk Daftar Wiskul Kamu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 22
Post ADS 1

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Oktober 13, 2022
Mercu suar Pulau Lengkuas, Belitung.

Tak hanya keindahan alamnya, Bangka dan Belitung juga dikenal akan warisan kulinernya. (Foto: Shutterstock)

Hanya dengan satu setengah jam perjalanan menggunakan pesawat dari ibukota Jakarta, maka tibalah kita di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tepat berada di lepas pantai timur provinsi Sumatra Selatan, provinsi yang didominasi dua pulau besar Bangka dan Belitung ini sebetulnya memiliki ratusan pulau. Dikenal sebagai wilayah penghasil timah sejak zaman kolonial, kini Babel juga dikenal karena keindahan alam, budaya Melayu dan Peranakan-nya, serta makanan khas Bangka Belitung yang lezat!

Nah, kamu-kamu yang punya cita-cita keliling Indonesia, jangan sampai ketinggalan mengunjungi kepulauan yang satu ini. Setelah mempersiapkan penerbangan, memilih hotel, serta menetapkan durasi perjalanan di sana, berarti waktunya untuk mencari tahu apa saja keragaman kulinernya. Mari mulai dari lima pilihan seru ini!

Makanan Khas Bangka Belitung Wajib Coba

1. Sup Gangan

makanan khas bangka belitung sup gangan dikelilingi bahan dan bumbu.Sup gangan, satu di antara sekian banyak hidangan berkuah ikan dari Bangka dan Belitung. (Foto: Shutterstock)

Berkeliling Babel, maka sudah menjadi sebuah keniscayaan kalau menemukan hidangan yang dinamakan Sup Gangan. Hidangan berkuah dengan protein utama ikan bulat atau ikan tenggiri ini adalah khasnya Pulau Belitung. Kuahnya terasa segar karena kehadiran nanas dan asam jawa, sementara warna kuningnya berasal dari kunyit. Sup Gangan juga dilengkapi dengan bumbu-bumbu seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, dan juga terasi. Terbayang, ‘kan, nikmatnya saat berpadu dengan nasi hangat?

2. Berego

Kalau Burgo adalah versi asal Sumatra Selatan, maka Berego adalah versi khas Pulau Belitung. Hidangan berkuah ini sekilas mirip dengan lontong sayur. Alih-alih menggunakan lontong dari nasi, baik Burgo ataupun Berego menggunakan adonan tepung beras dan tepung sagu yang dikukus. Setelah dikukus, adonan ini kemudian digulung sehingga bisa disantap sambil menikmati kuah dan sambal. Adapun untuk kuahnya, Berego menggunakan campuran santan dengan aneka rempah serta potongan ikan bulat. Lain halnya dengan Burgo yang menggunakan ikan gabus atau udang rebon.

3. Mie Belitung

Seporsi mie Belitung disajikan di atas piring dan daun.Mie berkuah udang dengan aneka topping ini adalah khasnya kota Tanjung Pandan. (Foto: Shutterstock)

Inilah jajanan wajib saat main ke kota Tanjung Pandan. Keunikan masakan ini berasal dari kuah udangnya yang gurih dengan campuran kecap manis lokal yang punya karakter rasa tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan di Jawa. Hidangan mie kuning ini kemudian dibubuhi topping berupa potongan kentang rebus, taoge, tahu goreng, bakwan, dan emping. Rasanya yang lezat dan kombinasi uniknya ini menjadikan Mie Belitung sebagai makanan wajib coba kalau kamu mampir ke sini.

4. Mie Koba

Bakmi Bangka sudah diakui ketenarannya hingga ke berbagai penjuru Nusantara, tapi ternyata masih ada lagi satu hidangan mie yang tak kalah lezatnya dari pulau ini. Namanya adalah Mie Koba atau mie ikan Bangka, dengan kuah yang khas menggunakan ikan tenggiri dan terasa segar karena kehadiran perasan jeruk kunci. Tampil berkuah dan seolah mirip Mie Belitung, namun topping-nya jelas berbeda. Mie Koba tampil lebih sederhana dengan berbekal topping seperti telur rebus, taoge, seledri, dan juga bawang goreng. Seru banget untuk dinikmati sebagai makan pagi, siang, ataupun malam.

5. Tahu Kok

Tahu Kok biasa dinikmati sebagai camilan berkuah dengan sayuran dan bakso ikan, namun tak jarang juga dipadukan dengan Bakmi Bangka. Tahu Kok sendiri merupakan tahu kuning yang sudah digoreng lalu dibelah dua tidak putus dan diisikan dengan adonan ikan tenggiri. Adonan ini juga dipergunakan sebagai bahan bakso ikan pada makanan berkuah ini. Untuk penggemar bakso kuah, tentunya tidak boleh ketinggalan mencoba ini saat melancong ke Pulau Bangka.

Nah, ternyata tak hanya Bakmi Bangka ataupun Terang Bulan alias martabak manis yang lezat dan terkenal dari kepulauan ini. Makanan khas Bangka Belitung ternyata begitu beragam dan cukup didominasi dengan hidangan berkuah dengan ikan sebagai pemersatu di antara semuanya. Tentunya tak hanya hidangan berkuah, masih ada juga aneka camilan, sambal, dan bakar-bakaran seafood segar yang menjadi kehebatannya kuliner kepulauan ini. Tunggu apa lagi? Ayo, rampungkan rencana liburan kamu dan buruan mencicipi daftar makanan ini, ya!