10 Jurusan untuk Kamu yang Ingin Berkecimpung di Dunia IT

Sedang Trending 4 minggu yang lalu 23
Post ADS 1

Teknologi.id - Menjelang berakhirnya masa studi Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan, banyak siswa yang mulai memastikan jurusan kuliah yang hendak jadi tujuan studi selanjutnya. Bersumber pada World Economic Forum( WEF) dalam The Future of Jobs Report 2022 ada sebagian jurusan kuliah yang mempunyai kesempatan besar di dunia digital sampai 2030 mendatang. Serta sebagian besar pekerjan tersebut cenderung didominasi oleh pekerjaan berbasis internet. 

Supaya dapat berkarir di pekerjaan tersebut, pastinya kalian wajib memilah jurusan kuliah potensial yang pas. Berikut saran jurusan yang dapat kalian pertimbangkan buat mendukung karir di masa digital ini. 

10 Jurusan Kuliah untuk Berkarir di Bidang IT

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika biasa disingkat dengan TI atau juga informatic engineering. Para lulusan Teknik Informatika akan memiliki keahlian untuk merancang desain serta implementasi sistem komputer, baik hardware maupun softwarenya.

2. Matematika

Tidak menutup peluang bagi lulusan matematika terapan. Apalagi pekerjaan software engineer membutuhkan logika yang kuat. Jika lulusan matematika bekerja pada bidang ini, maka diharuskan untuk mempelajari pemrograman. Namun, seharusnya hal tersebut tidaklah sulit karena mayoritas ranah pemrograman mengandalkan logika.

3. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer, disini Kamu akan mempelajari berbagai teori serta konsep dalam ilmu komputer hingga pengembangan software. Jurusan ini memiliki cakupan ilmu komputer yang cukup luas.

4. Information Technology

Jurusan information technology atau IT adalah jurusan dimana Kamu akan mempelajari cara untuk merancang, mengimplementasi, melakukan konfigurasi, serta serta merawat berbagai infrastruktur yang berkaitan dengan komputer dan teknologi informasi.

5. Manajemen Arsip

Jurusan Kearsipan termasuk salah satu program studi yang masih cukup langka peminatnya di Indonesia. Padahal kearsipan memegang peran yang sangat penting dalam suatu organisasi atau perusahaan, sekaligus juga kerap menjadi sesuatu yang disepelekan. Meski begitu, prospek kerja lulusan Jurusan Kearsipan cukup menjanjikan lho di masa depan

6. Manajemen Informatika

Jurusan manajemen informatika, para lulusan dalam jurusan ini akan memiliki keahlian untuk menganalisa kebutuhan bisnis yang menggunakan komputer serta mendesain sistem komputer sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

7. Desain Komunikasi Visual

Mungkin tidak sama dengan yang lain, jurusan desain komunikasi visual atau DKV juga akan selalu berhubungan dengan komputer setiap harinya. Di jurusan DKV Kamu akan menggunakan perangkat komputer untuk pembuatan desain grafis dengan menggunakan software khusus desain.

8. Sistem Informasi

bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Di prodi ini kamu akan belajar gimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

9. Film

Dalam jurusan film Kamu juga akan banyak berhubungan dengan komputer, terlebih jika Kamu mengambil minat atau konsentrasi pada bidang editing film. Kamu akan menggunakan perangkat komputer dengan software khusus editing untuk menyunting gambar-gambar hasil shooting menjadi satu kesatuan film yang utuh.

10. Animasi

Yang tidak lepas dari IT atau komputer juga ada jurusan animasi juga membutuhkan komputer untuk mempelajari berbagai materi yang berkaitan dengan animasi. Dengan software khusus animasi, Kamu akan mempelajari teknik membuat gambar bergerak dua dimensi atau tiga dimensi.

Baca juga: Elon Musk Akan Datang ke Bali di Bulan November Ini

(MAJ)